PERAN PEREMPUAN MASA KINI PADA IKLAN TELEVISI (KAJIAN SEMIOTIKA ROLAND BARTHES)

Luly Zahrotul Lutfiyah, Kingkin Puput Kinanti

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian mengenai peran perermpuan dalam iklan televisi yang dikaji dengan ilmu semiotika Roland Barthes. Peran perempuan dalam iklan televisi ini berebentuk tiga makna yaitu makna denotasi, makna konotasi dan mitos. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Penelitian bertujuan untuk menemukan peran perempuan masa kini dalam iklan televisi. Data penelitian adalah data deskripsi faktual transkripsi data. Penelitian menggunakan tiga metode, yaitu metode pengumpulan data, analisis data, dan penyajian analisis data. Pengumpulan data menggunakan metode simak dan catat berkaitan dengan peran perempuan yang ada dalam iklan televisi. Analisis data menggunakan analisis kajian semiotika Roland Barthes, yaitu menganalisis makna denotasi, makna konotasi dan mitos yang terdapat dalam iklan. Metode penyajian hasil analisis data adalah metode informal yaitu menggunakan kata-kata yang mudah dipahami. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran perempuan dalam iklan sangatlah penting mulai dari perempuan yang berprofesi menjadi ibu rumah tangga yang berbisnis online sampai hubungan antara ibu dan anak.


Full Text:

PDF

References


Berger, Arthur Asa. 2000. Media Analysis Techniques. Yogyakarta : Penerbit Universitas Atma Jaya.

Bungin, Burhan. 2007. Analisis Data Penelitian Kualitatif: Pemahaman Filosofis dan Mertodologis ke Arah Penguasaan Model Aplikasi. Jakarta: Raja Grafindio Persada.

Fakih, Mansoer. 2006. Analisis Gender dan Transformasi Sosial. Yogyakarta : Pustaka

Pelajar. 15

Lin, Ma. 2008. The Representation of the Orient in Western Women Perfume Advertisiment: A Semiotic Analysis. Intercultural Communication Studies: Beijing Foreing Studies University.

M.A, Morrisan. (2010). Periklanan: Komunikasi Pasar Terpadu. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Mulyana, Deddy. 2004. Komunikasi Efektif: Suatu Pendekatan Lintas budaya. Bandung:

Remaja Rosdakarya.

Noviani, Ratna. 2002. Jalan Tengah Memahami Iklan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Piliang, Yasraf Amir. 1998. “Masih Adakah ‘Aura’ Wanita di balik ‘Euphoria’ Media”,

dalam Idi Subandi Ibrahim et.al., Wanita dan Media, konstruksi Ideologi Gender dalam Ruang Publik Orde Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sobur, Alex. 2004. Analisis Teks Media: Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Glosarium seks dan gender. Yogyakarta: Carasvati Books.

Sumartono. 2002. Terperangkap dalam Iklan, Meneropong Imbas Pesan Iklan Televisi. Bandung: Alvabeta.




DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v9i3.19921

Article Metrics

Abstract view : 482 times
PDF - 666 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Luly Zahrotul Lutfiyah, Kingkin Puput Kinanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.