Analisis Nilai Pendidikan Karakter Tokoh dan Amanat dalam Cerita Anak Fabel

Trisnawati Trisnawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendidikan karakter dan amanat dalam cerita anak fabel. Penulis dalam kajian ini, ingin menganalisis nilai pendidikan karakter yang diantaranya yaitu nilai karakter cinta kepada Tuhan dan kepada ciptaan-Nya, kejujuran atau amanah, mandiri dan bertanggungjawab, hormat dan santun dalam budi bahasa dan tingkah laku, percaya diri dan pekerja keras, dermawan serta murah hati, kepemimpinan dan keadilan, baik dan rendah hati atau tidak sombong, dan karakter toleransi, kedamaian dan kesatuan. Selain pendidikan karakter dalam analisis cerita anak fabel, penulis menganalisis amanat yang terkandung dalam cerita anak fabel. Amanat merupakan inti yang harus diambil oleh pembaca dalam menyimpulkan isi cerita dan amanat merupakan suatu hal yang penting yang disampaikan kepada pembaca agar memperoleh pesan yang baik, untuk dijadikan sebagai pedoman dalam kehidupan sehari-hari.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif atau metode deskriptif yaitu mendeskripsikan  nilai pendidikan karakter  dan amanat yang terkandung dalam cerita fabel. Penelitian ini adalah penelitian yang bertujuan memberikan rangkaian nilai yang terkandung dalam cerita. Penulis memilih metode ini karena metode ini cocok digunakan sebagai cara dalam menganalisis nilai pendidikan karakter dan amanat yang terkandung dalam cerita anak fabel, sehingga analisis cerita anak lebih mudah dikemukakan hasil analisisnya dengan tepat.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v9i3.20160

Article Metrics

Abstract view : 898 times
PDF - 967 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Trisnawati Trisnawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.