PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN HYBRID LEARNING PADA MATAKULIAH MEMBACA II MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA IKIP BUDI UTOMO MALANG
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media hybrid learning yaitu model pembelajaran yang mengkombinasikan metode tatap muka dengan metode e-learning, serta melakukan pengukuran terhadap pengaruh dari implementasi media tersebut terhadap hasil belajar mahasiswa. Media hybrid learning yang dikembangkan ditujukan untuk pembelajaran mata kuliah Membaca II di di Prodi Bahasa Indonesia IKIP Budi Utomo Malang . Penelitian dilaksanakan selama 1 Tahun dengan tahapan penelitian yang meliputi penerapan media, pengembangan media, uji coba media, dan perbaikan media berdasarkan hasil uji coba. Hasil penelitian menunjukkan penerapan media Hybrid Learning sangat cocok diterapkan pada mata kulaih membaca II yang lebih bersifat kuantitatif. Hal ini terlihat dari nilai hasil ujian mahasiswa yang sangat bagus dibandingkan dengan penggunaan metode konvensional. Untuk mata kuliah yang bersifat kuantitatif ternyata keberadaan dosen secara fisik masih sangat diperlukan
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/bss.v9i3.20529
Article Metrics
Abstract view : 731 timesPDF - 2074 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Nurwakhid Mulyono, Lis Susilawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.