CAMPUR KODE PADA AKUN INSTAGRAM @DEMAKHARIINI (KAJIAN SOIOLINGUISTIK)

Dwi Septiani, Arina Manasikana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis dan bentuk-bentuk campur kode pada akun Instagram @demakhariini yang jenis penelitiannya adalah deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berjumlah 88 data yang mengandung unsur campur kode di dalamnya. Data-data tersebut diperoleh dari caption atau keterangan pada unggahan foto dan video di akun Instagram @demakhariini. Pada penelitian ini ditemukan tiga jenis campur kode, yaitu jenis campur kode ke dalam, jenis campur kode ke luar dan jenis campur kode campuran. Hasil dari penelitian ini, jenis campur kode dominan adalah jenis campur kode ke luar, yaitu berjumlah 51 data atau 58%, sedangkan jenis campur kode campur kode ke dalam berjumlah 21 data atau 24%, dan jenis campur kode campuran berjumlah 16 data atau 18%.

 

Kata kunci: Sosiolinguistik, campur kode, Instagram, @demakharini


Full Text:

PDF

References


Aslinda, dan Leni Syafyahya, 2014, Pengantar Sosiolinguistik. Bandung, PT. Refika Aditama.

Kunjana, Rahardi, 2001, Sosiolinguistik: Kode dan Alih Kode. Yogyakarta, Pustaka Pelajar Offset.

Mahsun, 2012, Metode Penelitian Bahasa, Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya, Edisi Revisi. (cetakan keenam), Jakarta, PT RajaGrafindo Indonesia.

Suandi, I Nengah, 2014. Sosiolinguistik, Yoyakarta, Graha Ilmu.

Sudaryanto, 2015, Metode dan Aneka Teknik Analisi Bahasa, Yogyakarta, Sanata Dharma University Press.

Wijana, I Putu Dewa, dan Muhammad Rohmadi, 2013, Sosiolinguistik: Kajian Teori dan Analisis, Yogyakarta, Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v9i3.21443

Article Metrics

Abstract view : 1327 times
PDF - 1652 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Dwi Septiani, Arina Manasikana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.