PENGARUH KEMAMPUAN APRESIASI PUISI TERHADAP KEMAMPUAN BERDEKLAMASI SISWA KELAS X SMA ST. ANTONIUS BANGUN MULIA MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.24114/bss.v10i1.24246Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh kemampuan apresiasi puisi terhadap kemampuan deklamasi siswa kelas X SMA St. Antonius Bangun Mulia Medan tahun ajaran 2018/2019. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Objek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X MIA dengan jumlah 27 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes essai dan juga tes penampilan. Berdasarkan hasil perhitungan ditemukan bahwa rata-rata kelas X Mia pada penilaian kemampuan apresiasi adalah sebesar 74,07, standar deviasi sebesar 15,03 dan pada penilaian kemampuan deklamasi ditemukan rata-rata sebesar 80,11, serta standar deviasi sebesar 8,31. Uji hipotesis dicari dengan menggunakan rumus manual dengan taraf 𛼠= 0,05 dan perbandingan nilai ð‘¡â„Žð‘–ð‘¡ð‘¢ð‘›ð‘” , ð‘¡ð‘¡ð‘Žð‘ð‘’ð‘™ dengan hasil perbadingan ð‘¡â„Žð‘–ð‘¡ð‘¢ð‘›ð‘” (5,415)>ð‘¡ð‘¡ð‘Žð‘ð‘’ð‘™ (2,060) sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kemampuan apresiasi (X) terhadap kemampuan deklamasi (Y) pada siswa kelas X MIA SMA St. Antonius Bangun Mulia Medan. Dengan persentase pengaruh yang ditimbulkan oleh kemampuan apresiasi adalah sebesar 40,80% terhadap kemampuan deklamasi, maka dari itu kemampuan apresiasi berpengaruh positif terhadap kemampuan deklamasi.References
Aminuddin. 2014. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: CV. Sinar Baru Alegensindo.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Bumi Aksara.
_______2017. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsjad, Maidar G dan Mukti U.S. 1988. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesi. Jakarta: Erlangga
Nurgiantoro, Burhan. 2012. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press
Pradopo, Rachmat Djoko .2007. Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ridwan. 2009. Metode & Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Jakarta: Alfabeta
Siswanto. 2008. Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Grasindo
Subana. 2000. Statistik Pendidikan, Penerbit Pustaka Setia: Bandung
Sudjana. 2005. Metode Statistik. Bandung: Tarsito
_______2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2017. Metode Peneliitian Kuantitaif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sujono, Anas. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sumarjono J, Saini K.M . 2013. Apresiasi Kesusastraan . Jakarta: Gramedia
Tusthi Eddy, Nyoman. 2009. Pengantar Singkat Keragaman dan Periodisasi Pembaharuan Puisi Indonesia. Ende-flores: Nusa Indah.
Waluyo Herman.J. 2014. Apresiasi Puisi. Jakarta: Gramedia.
Wellek &Austin Warren ,2014. Teori Kesusastraan. Jakarta: Gramedia.
Diktat. 2016. Bahan ajar statistika. Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Katolik Santo Thomas Sumatera Utara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Losten Tamba, Maria Heprida Sibarani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.