PENGARUH KEMAMPUAN APRESIASI PUISI TERHADAP KEMAMPUAN BERDEKLAMASI SISWA KELAS X SMA ST. ANTONIUS BANGUN MULIA MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh kemampuan apresiasi puisi terhadap kemampuan deklamasi siswa kelas X SMA St. Antonius Bangun Mulia Medan tahun ajaran 2018/2019. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Objek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X MIA dengan jumlah 27 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes essai dan juga tes penampilan. Berdasarkan hasil perhitungan ditemukan bahwa rata-rata kelas X Mia pada penilaian kemampuan apresiasi adalah sebesar 74,07, standar deviasi sebesar 15,03 dan pada penilaian kemampuan deklamasi ditemukan rata-rata sebesar 80,11, serta standar deviasi sebesar 8,31. Uji hipotesis dicari dengan menggunakan rumus manual dengan taraf ๐ผ = 0,05 dan perbandingan nilai ๐กโ๐๐ก๐ข๐๐ , ๐ก๐ก๐๐๐๐ dengan hasil perbadingan ๐กโ๐๐ก๐ข๐๐ (5,415)>๐ก๐ก๐๐๐๐ (2,060) sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kemampuan apresiasi (X) terhadap kemampuan deklamasi (Y) pada siswa kelas X MIA SMA St. Antonius Bangun Mulia Medan. Dengan persentase pengaruh yang ditimbulkan oleh kemampuan apresiasi adalah sebesar 40,80% terhadap kemampuan deklamasi, maka dari itu kemampuan apresiasi berpengaruh positif terhadap kemampuan deklamasi.
Full Text:
PDFReferences
Aminuddin. 2014. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: CV. Sinar Baru Alegensindo.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Bumi Aksara.
_______2017. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsjad, Maidar G dan Mukti U.S. 1988. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesi. Jakarta: Erlangga
Nurgiantoro, Burhan. 2012. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press
Pradopo, Rachmat Djoko .2007. Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ridwan. 2009. Metode & Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Jakarta: Alfabeta
Siswanto. 2008. Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Grasindo
Subana. 2000. Statistik Pendidikan, Penerbit Pustaka Setia: Bandung
Sudjana. 2005. Metode Statistik. Bandung: Tarsito
_______2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2017. Metode Peneliitian Kuantitaif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sujono, Anas. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sumarjono J, Saini K.M . 2013. Apresiasi Kesusastraan . Jakarta: Gramedia
Tusthi Eddy, Nyoman. 2009. Pengantar Singkat Keragaman dan Periodisasi Pembaharuan Puisi Indonesia. Ende-flores: Nusa Indah.
Waluyo Herman.J. 2014. Apresiasi Puisi. Jakarta: Gramedia.
Wellek &Austin Warren ,2014. Teori Kesusastraan. Jakarta: Gramedia.
Diktat. 2016. Bahan ajar statistika. Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Katolik Santo Thomas Sumatera Utara.
DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v10i1.24246
Article Metrics
Abstract view : 272 timesPDF - 399 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Losten Tamba, Maria Heprida Sibarani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.