DOKSOLOGI DALAM TRADISI MANUSKRIP NUSANTARA

Agus Sulton

Abstract


Dalam tradisi pernaskahan Nusantara, doksologi murupakan permulaan teks yang umum digunakan dalam produksi manuskrip-manuskrip Nusantara. Doksologi diletakkan di bagian awal teks yang berisi puji-pujian sebagai bentuk rasa hormat, doa, harapan, puji syukur, dan sebagainya. Dalam penelitian ini akan mengungkap tradisi doksologi yang umum dipakai pada manuskrip-manuskrip di Nusantara. Pada tradisi manuskrip di Nusantara memiliki beragam bentuk, makna, dan fungsi tergantung penulisnya karena ini menyangkut kekuatan iman seseorang atau ketakwaan seseorang terhadap Tuhan. Penulisan doksologi bisa disebut kristalisasi gaya kreatif sang kreator dapat diletakkan pada awal teks dan akhir teks manuskrip. Dalam tradisi tulis dunia modern, doksologi pengertiannya mulai bergeser ke arah ucapan terimakasih dan sumbangsih akan hasil kerja sang pengarang saat melakukan penelitian. Hasil penelitian ini menemukan, penggunaan doksologi yang dulunya ditekankan pujian-pujian terhadap sesuatu yang bersifat dogmatis, namun di era sekarang berkembang ke ruang lingkup pimpinan, lembaga, sahabat, dan keluarga. Secara personal, doksologi merupakan cermin atas sikap religius seseorang, sikap toleransi, kebersamaan, mengasihi sesama, dan intelektualitas manusia.

 

Kata kunci: doksologi, pujian, makna, fungsi, manuskrip


Full Text:

PDF

References


Clear, James. 2018. Atomic Habits. New York: Penguin Random House.

Dipodjojo, Asdi S. 1986. Kesusastraan Indonesia Lama Pada Zaman Pengaruh Islam. Yogyakarta: Lukman.

Dojosantosa. 1985. Unsur Religius Dalam Sastra Jawa. Semarang: Aneka Ilmu.

Hashim Bin Haji Abd. Hamid, Haji. 2004. Doksplogi Dalam Manuskrip. Makalah Seminar Manuskrip Islam. Pusat Persidangan Antarbangsa Negara Brunei Darussalam.

Saputra, Karsono H, dkk. 2010. Naskah-Naskah Pesisiran. Jakarta: PNRI

Schaik, Carel van dan Kai Michel. 2016. The Good Book of Human Nature: An Evolutionary Reading of the Bible. New York: Basic Books.

Mazhahiri, Allamah Husain. 2002. Rahasia Doa. Bogor: Cahaya.

Puar, Yusuf Abdullah. 1984. Masuknya Islam Ke Indonesia. Jakarta: CV Indradjaya.




DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v10i2.26076

Article Metrics

Abstract view : 373 times
PDF - 398 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Agus Sulton

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.