PENGARUH TEKNIK KUNJUNGAN LAPANGAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS X SMA SWASTA SUMATERA TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Akhmad Husyen, Sanggup Barus

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh teknik kunjungan lapangan terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas X SMA Swasta Sumatera Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelaas X SMA Swasta Sumatera sebanyak 120 orang. Sampel diambil  secara acak sebanyak 60 0rang, 30 0rang untuk kelas  eksperimen dan 30 untuk kelas kontrol.Instrumen yang digunakan adalah tes menulis karangan deskripsi. Nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 75,6 sedangkan untuk kelas kontrol adalah 68,6Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa nilai rata-rata kemampuan menulis karangan deskripsi kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas  kontrol. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji  uji “t”. Dari perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 4,02, selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel pada taraf signifikan 5% dan taraf signifikansi 1% pada df = (N1 +N2) - 2 = 58. Pada tabel t dengan df = 58 diperoleh ttabel pada taraf signifikan 5% = 2.00 dan taraf signifikansi 1% = 2,65. Kriteria pengujian adalah H0 ditolak jika t0 > tt. Dari hasil pengujian menjelaskan bahwa t0 (4,02) > tt (2,65). Ini berarti Ho ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa teknik pembelajaran  kunjungan lapangan lebih  berpengaruh dari pada teknik konvensional terhadap kemampuan siswa dalam menulis karangan deskripsi.

Kata Kunci : Teknik kunjungan lapangan, Kemampuan menulis karangan  dekripsi.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v4i1.2708

Article Metrics

Abstract view : 23 times
PDF - 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.