PENGARUH MEDIA VIDEO “MY TRIP MYADVENTURE” TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BALIGE TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video “My Trip My Adventure” terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VII SMP negeri 1 Balige. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP negeri 1 Balige dengan jumlah 121 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa yang diambil dengan teknik random. Pengambilan data dilakukan dengan instrumen tes dalam bentuk penugasan yaitu menulis puisi.Metode penelitian ini adalah metode eksperimen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari pengolahan data diperoleh nilai rata-rata pre-test = 71,93, standardeviasi = 8,05 digolongkan pada kategori sangat baik 13,33%,baik = 50% dan kategori cukup = 36,66%. Nilai rata-rata post-test = 78,56 standar deviasi = 9,20, dikategorikan pada kategori sangat baik=36,66%, kategori baik = 50% dan cukup 13,33%.Berdasarkan uji normalitas, hasil pre-test dan post-test dinyatakan berdistribusi normal.Setelah ujinormalitas dan uji homogenitas dilakukan, maka diketahui t0sebesar2,93. Selanjutnya t0tersebut dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% dengan df= N-1, yakni 30-1=29. Dari df 29 diperoleh taraf signifikansi 5%= 2,03. Dengan demikian thitung>ttabel, yakni2,93> 2,03 dengan demikian hipotesis alternative (Ha) diterima.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media video “My Trip My Adventure” berpengaruh terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VII SMP negeri 1 Balige tahun pembelajaran 2013/2014.
DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v4i1.2711
Article Metrics
Abstract view : 53 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 1970 Dewi Lestari Sibarani, Muhammad Surip
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.