Penggunaan Bahasa Ruang Publik pada Masa Pandemi bagi Industri Kuliner Desa Canggu

Ni Nyoman Widani, Wiya Suktiningsih

Abstract


Bali sebagai destinasi wisata yang terkenal diseluruh dunia, mengalami keterpu­rukan akibat pandemi Covid-19 pada pertengahan tahun 2020. Hal ini juga berdampak pada industri kuliner yang berhubungan dekat dengan sektor pariwisata. Pengelola industri kuliner di masa tatanan new normal berusaha bertahan dengan menerapkan protokol kesehatan sesusai anjuran pemerintah. Bentuk edukasi ataupun himbauan protokol kesehatan diberikan oleh pengelola melalui media poster dan menerapkan 3M. Terkait dengan pengunaan bahasa ruang publik, indikator yang perlu diperhatikan selain penggunaan bahasa, adalah bentuk visual berupa symbol/icon yang ditampilkan bersama melalui media poster sebagai bentuk komunikasi kepada publik. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa bagaimana bentuk penggunaan bahasa ruang publik yang disajikan dan bagaimanakah respon pengunjung/masyarakat terhadap poster yang digunakan oleh pengelola industri kuliner saat ini. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, survei dan wawancara. Jumlah responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah 27 orang yang merupakan masyarakat/pengunjung industri kuliner yang berada di wilayah objek wisata desa Canggu. Dari hasil penelitian ini dapat menghasilkan bentuk penggunaan bahasa ruang publik yang harus diperhatikan dalam menyusun atau membuat poster mengenai protokol kesehatan sehingga mampu menarik pembacanya dan dapat memberikan kenyamanan bagi pengunjung/konsumen industri kuliner.  Selain itu hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan masukan kepada pemerintah setempat, sehingga dapat menentukan kebijakan yang terkait dengan penggunaan bahasa ruang publik pada masa pandemic Covid-19.

Full Text:

PDF

References


Anggraini S., L. & K. N. (2014). Desain Komunikasi Visual: Dasar-Dasar Panduan Untuk Pemula. Bandung: Nuansa Cendikia.

Aribowo, E. K., Rahmat, & Arif Julianto Sri Nugroho. (2018). Studi Lanskap Linguistik Kota Surakarta dalam Mempertahankan Tiga Identitas. Semiloka Dan Deklarasi Pengutamaan Bahasa Negara, 1–8.

Budiman, K. (2011a). Semiotika Visual : Konsep, Isu, dan Problem Ikonisitas. Jalasutraalasutra.

Budiman, K. (2011b). Semiotika Visual: Konsep, Isu, dan Problem Ikonitas. Yogyakarta: Jalasutra.

Fatmahwati A, F. A. (2019). Penggunaan Bahasa Indonesia Pada Media Ruang Publik Di Kota Pekanbaru. Suar Betang, 13(2), 131–144. https://doi.org/10.26499/surbet.v13i2.76

Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, B. P. dan E. K. (2019). Laporan Kinerja Badan Ekonomi Kreatif 2109.

Pujianto, T. R., Vallery, V., & Soetanto, C. (2021). Perancangan Kafe di Era New Normal, (April), 255.

Putra, M. R. A. L., Mahardhika, G. P., & Putro, H. P. (2019). Penerapan Kemampuan Problem solving pada Siswa SMP Menggunakan PendekatPutra, M. R. A. L., Mahardhika, G. P., & Putro, H. P. (2019). Penerapan Kemampuan Problem solving pada Siswa SMP Menggunakan Pendekatan Computational Thinking ( CT ) Berbasis Role Play. Jurnal Format, 8(2), 158–164.

Rahmawati, Rahmah, S. F., Mahda, D. R., Purwati, T., Utomo, B. S., & Nasution, A. M. (2020). Edukasi Protokol Kesehatan dalam Menjalankan New Normal di Masa Pandemik Melalui Media Poster. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1–5. Retrieved from http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat

Ramadeni, S., & Soewardikoen, D. W. (2017). Identitas Visual Dan Media Promosi Wisata Edukasi Jendela Alam. Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain Dan Periklanan (Demandia), 113. https://doi.org/10.25124/demandia.v2i01.767

Subadra, I. N. (2021). Pariwisata Budaya dan Pandemi Covid-19: Memahami Kebijakan Pemerintah dan Reaksi Masyarakat Bali. Jurnal Kajian Bali (Journal of Bali Studies), 11(1), 1. https://doi.org/10.24843/jkb.2021.v11.i01.p01

Tinarbuko, S. (2017). Membaca Tanda dan Makna Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: PB ISI Yogyakarta.

Utama, I., Suamba, I. B. P., Sumartana, I. M., Waruwu, D., & Krismawintari, N. P. (2020). Dampak Himbauan Social Distancing Dalam Mengurangi Penyebaran Covid-19 Pada Masyarakat Bali. Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Iptek, 2(1),

Widani, N. N., & Suktiningsih, W. (2020). Entitas Wisatawan Asing Terhadap Kemampuan Berbahasa Inggris Masyarakat Lokal Banjar Tegal Gundul, Desa Tibubeneng Kuta Utara , Badung, Bali. Humanitatis : Journal of Language and Literature, 6(2), 273–296. https://doi.org/https://doi.org/10.30812/humanitatis.v6i2.806

Wiya Suktiningsih. (2017). Language Choice Amongs Teenager Etnic Sasak Mataram. RETORIKA: Jurnal Ilmu Bahasa, 3, 211–219. https://doi.org/10.22225/jr.3.2.334.211-219

Zahrulianingdyah, A. (2018). Kuliner sebagai pendukung industri pariwisata berbasis kearifan lokal, 6(1), 1–9.




DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v10i2.27542

Article Metrics

Abstract view : 603 times
PDF - 413 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ni Nyoman Widani, Wiya Suktiningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.