Hubungan Kemampuan Berpikir Logis dengan Kemampuan Menulis Teks Negosiasi Siswa Pada Kelas X SMA Negeri 1 Rantau Selatan Tahun Ajaran 2020/2021

Lestari tari, Inayah Hanum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan berpikir logis dengan kemampuan menulis teks negosiasi siswa pada kelas X SMA Negeri 1 Rantau Selatan Tahun Ajaran 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 243 siswa dari jumlah keseluruhan kelas X di SMA Negeri 1 Rantau Selatan. Maka sampel yang dapat diambil berjumlah 25% dari jumlah siswa kelas X yaitu 60 siswa dari jumlah populasi dalam penelitian ini pada kelas X SMA Negeri 1 Rantau Selatan yaitu pada kelas X-MIA1 dan X-MIA2. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan tes pilihan berganda dan essay. Kemampuan berpikir logis dengan kemampuan menulis teks negosiasi siswa pada kelas X SMA Negeri 1 Rantau Selatan, menunjukkan bahwa kemampuan berpikir logis siswa dapat dikategorikan cukup, kemampuan menulis teks negosiasi siswa dapat dikategorikan cukup baik dan hubungan kemampuan berpikir logis siswa dengan kemampuan menulis teks negosiasi siswa di peroleh 3,634 pada hasil uji t maka dapat di simpulkan bahwa adanya hubungan antara kemampuan berpikir logis dengan kemampuan menulis teks negosiasi siswa pada kelas X SMA Negeri 1 Rantau Selatan Tahun Ajaran 2020/2021.


Full Text:

PDF

References


Akhadiah dkk.2016.Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalman. 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.

Fios, frederikus. 2013. Pengantar filsafat: ilmu dan logika. Jakarta: Salemba Humanika.

Khalimi. 2011. Logika Teori dan Terapan. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press.

Kosasi. 2014. Jenis-jenis Teks.Bandung: Yrama Widya.

Mundiri. 2020. Logika. PT Grafindo Persada: Jakarta.

Muslikah, Anik. Dkk. 2014. Bahasa Indonesia Ekspresi Diri. Jakarta.

Poesporodjo dan Gilarso. 2011. Logika Ilmu Penalaran. Bandung: Pustaka Grafindo.

Ranjabar, Jacobus. 2015. Dasar- dasar Logika Sebuah Langkah Awal untuk Masuk ke Berbagai Disiplin Ilmu Pengetahuan. Bandung: Alfabeta.

Riduwan. 2012. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfaberta.

Sartika, Lidya. 2011. “Hubungan Kemampuan Berpikir Logis dengan Kemampuan Menulis”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 1. Hal 19-26. Diakses pada 10 Januari 2021.

Sitorus, dkk. 2015. Pengajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi Negeri. Indonesia: Lembaga kajian.

Sudjana, Nana. 2010. Proses danHasil Belajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Sugiyono, 2017.Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susetyo, Budi. 2017. Statistika Untuk Analisis Data Penelitian. Bandung: Refika Aditama.

Utama, Rai Bagusigusti. 2013. Filsafat Ilmu dan Logika. Universitas Dhyana Pura Badung:Bali.




DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v10i3.28631

Article Metrics

Abstract view : 368 times
PDF - 209 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Lestari tari, Inayah Hanum

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.