PELAKSANAAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERORIENTASI BERPIKIR KRITIS DALAM TEKS PROSEDUR DI SMA

Desi Gusmaneri, Rustam Rustam, R. Imam Suwardi Wibowo

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan model discovery learning dalam berpikir kritis dalam teks prosedur di SMA. Metode yang  digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Fenomenologi. Subjek penelitian ini  adalah satu Guru Bahasa Indonesia di SMA Negeri 2 Kota Jambi. Data ini menggunakan analisis model Miles dan Huberman. Analisis menurut Miles dan Huberman dibagi dalam tiga alur  yang terjadi secara bersamaan. Ketiga alur tersebut adalah (1) reduksi data, (2) penyajian data (tampilan data), dan (3) penarikan simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan Pelaksanaan Model Discovery Learning Berorientasi berpikir kritis pada teks prosedur kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kota Jambi Berhasil dilaksanakan oleh guru di kelas. Namun, pada rencana pelaksanaan pembelajaran belum sesuai. karena guru tidak mencantumkan langkah berpikir kritis sedangkan pada pelaksanaan pembelajaran model discovery learning langkah-langkahnya berhasil diterapkan oleh guru dalam menulis teks prosedur yang berfokus pada siswa. Dengan langkah-langkah model pembelajaran itu  mampu membuat mereka menjadi aktif dan berpikir dengan kritis pada tugas yang diberikan kepada siswa di kelas dalam menganalisis teks prosedur kompleks dan Siswa dapat mengkaji sebuah fakta yang ada pada masalah kemudian menulis kembali teks prosedur dengan mengambil kesimpulan dari yang telah siswa temukan di kelas.

Kata Kunci : Discovery Learning,Berorientasi Berpikir Kritis dan Teks Prosedur


Full Text:

PDF

References


Danial, M., Gani, T., & Husnaeni, H. (2017). Pengaruh model pembelajaran dan kemampuan awal terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep peserta didik. Journal of Educational Science and Technology (EST), 3(1), 18-32.

Devi, P. C., Hudiyono, Y., & Mulawarman, W. G. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Prosedur Kompleks dengan Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Media Audio Visual (Video) di Kelas XI SMA Negeri 1 Samarinda. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(2), 101-114.

Kosasih.E. (2014).Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung : Yrama Widya.

Mahsun. (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Miles Matthew B. Huberman Michael A. (2002). Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Methods. Beverly Hills: Sage Publication.

Mulyati, Y. (2014). Hakikat keterampilan berbahasa. Jakarta: PDF Ut. Ac.id.hal..

Nuruningsih, S., & Palupi, R. E. A. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan Metode Focus Group Discussion pada Kegiatan In House Training (IHT) bagi Guru di SDN Pondok 03. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 9(1), 51-57.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Qur'an Hadist Syariah Dan Tarbiyah, 3(1), 171-210.

Rustam, R., Rasdawita, R., & Priyanto, P. (2020). HOTS-ORIENTED INDONESIAN LANGUAGE LEARNING IN SENIOR HIGH SCHOOL IN JAMBI. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 13(2), 225.

Sumianingrum, N. E., Wibawanto, H., & Haryono, H. (2017). Efektivitas Metode Discovery Learning Berbantuan E-Learning di SMA Negeri 1 Jepara. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(1), 27-35.

Yuhandika, T., Salim, N., & Fitri, A. (2021). PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BAHASA INDONESIA DALAM KURIKULUM 2013. PENTAS: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1), 74-82.

Wijaya, W., Zulaeha, I., & Rustono, R (2015). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Kompetensi Memproduksi Teks Prosedur Kompleks yang bermuatan Kesantunan Bagi Peserta Didik Kelas X SMA/Ma. Seloka : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2).




DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v11i1.32862

Article Metrics

Abstract view : 93 times
PDF - 52 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.