EKSISTENSI HASRAT SEKSUAL JEAN PAUL SARTE DALAM NOVEL AMBA KARYA LAKSMI PAMUNTJAK

Eva Dwi Kurniawan

Abstract


Eksistensi merupakan salah satu cabang filsafat yang diusung oleh Jean Paul Sarte. Di dalamnya terdapat persoalan mengenai hasrat seksual yang menempatkan kesadaran sebagai kunci utamanya. Novel Amba karya Laksmi Pamuntjak merupakan salah satu novel yang di dalamya tersebar mengenai hasrat seksual. Penelitian ini memiliki rumusan masalah tentang bagaimana hasrat seksual yang dikemukakan oleh Jean Paul Sarte beroperasi di dalam novel Amba, dan bagaimana motif apakah yang mendasari kemunculan hasrat seksual dalam novel Amba. Kajian ini menggunakan metode deskriptif analitis dengan menerapkan teori hasrat seksual Jean Paul Sarte. Temuan yang didapatkan menunjukkan bahwa (1) terdapat keutuhan hasrat seksual pada diksi-diksi seksual yang bertebaran dalam novel, (2) coitus sebagai laku kesadaran eksistensi; dan (3) motif hasrat seksual yang bermula pada masa lampau.


Full Text:

PDF

References


Amiruddin, Mariana. 2003. “Sex and Text (Sexts): Konsep Pembebasan Seksualitas Perempuan Lewat Sastra dalam Jurnal Perempuan No.30. Jakarta: Yayasan Jurnal Perempuan. Halaman: 89—98.

Bandel, Katrin. 2009. Sastra, Perempuan, Seks. Cetakan kedua. Yogyakarta: Jalasutra.

Hardi, Rahmat Sulhan. 2018. “Eksistensi Perempuan dalam Novel Pengakuan Eks Parasit Lajang Karya Ayu Utami” dalam Dari Doing ke Undoing Gender: Teori dan Praktik dalam Kajian Feminisme. Cetakan kedua. Editor oleh Wening Udasmoro. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Howard, Alex. 2005. Konseling & Psikoterapi Cara Filsafat. Diterjemahkn oleh Benny Baskara & Meithya Rose. Jakarta: Teraju.

Ks, Sunaryono Basuki. 2009. Dari Wisata Bahasa Hingga Sastra Selangkangan. Denpasar: Pustaka Larasan.

Lathief, Supaat I. 2008. Sastra: Eksistensialisme—Mistisisme Religius. Lamongan: Pustaka Ilalang.

Mustika. 2018. “Eksistensi Pelacur dalam Novel Tuhan, Izinkan Aku Menjadi Pelacur! Karya Muhidin M. Dahlan” dalam Dari Doing ke Undoing Gender: Teori dan Praktik dalam Kajian Feminisme. Cetakan kedua. Editor oleh Wening Udasmoro. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Muzairi. 2002. Eksistensialisme Jean Paul Sarte: Sumur Tanpa Dasar Kebebasan Manusia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Pamuntjak, Laksmi. 2020. Amba. Cetakan kedelapan. Jakarta: Gramedia.

Sarte, Jean-Paul. 2002. Eksistensi dan Humanisme. Diterjemahkan oleh Yudhi Murtanto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

_____________. 2016. Seks dan Revolusi. Diterjemahkan oleh Silvester S. Guntur. Cetakan kedua. Yogyakarta: Narasi & Pustaka Promethea.

Wibowo, A. Setyo. 2020. “Eksistensialisme Jean-Paul Sarte (1905—1980)” dalam Basis Nomor 01—02, Tahun Ke-69. Halaman 4—15.




DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v11i1.33530

Article Metrics

Abstract view : 300 times
PDF - 245 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Eva Dwi Kurniawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.