Pengembangan Perangkat Pembelajaran Mata Kuliah Sastra Nusantara Berwawasan Kearifan Lokal Budaya Sumatera Utara di Prodi Sastra Indonesia FBS Unimed
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan perangkat pembelajaran mata kuliah sastra nusantara yang berwawasan kearifan lokal budaya 8 etnis Sumatera Utara. Metode penelitian ini menggunakan model Borg dan Gell yang terdiri dari 9 tahap yaitu menentukan sumber belajar, identifikasi masalah dan tujuan pembelajaran, analisis karakter peserta didik (mahasiswa), identifikasi materi pelajaran, menentapkan tujuan pembelajaran khusus, membuat sistematika isi pembelajaran, merancang strategi pembelajaran, metode pembelajan, dan mengembangkan instrumen evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) perangkat pembelajaran mata kuliah Sastra Nusantara berbasis kearifan lokal budaya Sumatera Utara perlu dikembangkan sebagai panduan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, (2) penilaian dan perangkat yang dibuat perlu memenuhi kriteria kepraktisan dan efektif untuk meningkatkan aktivitas mahasiswa dalam pembelajaran. (3) perangkat pembelajaran mata kuliah Sastra Nusantara berbasis kearifan lokal budaya Sumatera Utara berpengaruh positif terhadap hasil belajar mahasiswa Prodi Sastra Indonesia FBS Unimed.
Full Text:
PDFReferences
Aminoto dan Hairul. 2014. Penerapan Media E- Learning Berbasis Schoology Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Usaha dan Energi Di Kelas XI SMA N 10 Kota Jambi. Jurnal Sainmatika. Vol. 8 No. 1, 14- 29
Borg dan Gell. 1989. Educational Research An Introduction. New York: Longman.
Basori. (2013). Pemanfaatan Social Learning Network Schoology dalam Membantu Perkuliahan Teori Bodi Otomotif di Prodi PTM JPTK FKIP UNS. JIPTEK. No. 21. Surakarta: UNS.
Didipu, Herman. 2010. Sastra Daerah (Kkonsep Dasar, Penelitian, dan Pengkajiannya). Gorontalo: UNG.
_______. 2011. Sastra Bandingan. Gorontalo: Ideas Publishing.
Poppy Kamalia Devi, dkk. 2009. Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Bandung: PPPPTK
Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.
_______.(2012). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua. Bandung: PT. Rajagrafindo Persada.
Sarah dan Handaru. 2015. Efektivitas Model Blended Learning Terhadap Motivasi dan Tingkat Pemahaman Mahasiswa Mata Kuliah Algoritma dan Pemrograman. JURNAL PENDIDIKAN VOKASI, Vol 5, Nomor 1, Februari 2015. Hal 74-87
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.
Sudewo, I. Ketut. 2014. Transformasi Sastra Lisan ke dalam Seni Pertunjukan. JURNAL HUMANIORA. 26 (1) hal 65-73
DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v11i1.33954
Article Metrics
Abstract view : 365 timesPDF - 331 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 M. Surip
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.