Pengembangan Bahan Ajar Audiovisual Berbasis Website Materi Teks Hikayat Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Kabanjahe Tahun Pembelajaran 2020/2021

Dasa Oktaviani Br Ginting, Diah Eka Sari

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tahapan proses dan hasil dari pelaksanaan validasi produk terhadap pengembangan bahan ajar audiovisual berbasis website materi teks hikayat siswa kelas X di SMA Negeri 2 Kabanjahe tahun pembelajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Hasil penelitian ini adalah dilaksanakannya tahapan proses produk  dengan model pengembangan yang terdiri dari enam tahapan, yaitu: 1) analisis potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) Perbaikan Desain, dan 6) Revisi Produk dan pada hasil validasi ahli mencapai total persentase 96% , hasil validasi ahli media dengan persentase 94%, validasi website oleh validator ahli IT dengan hasil 96% (penggunaan mobile) dan 99% (penggunaan desktop), serta validasi akhir yaitu hasil penilaian dari guru bahasa Indonesia yang menunjukkan persentase sebesar 96%, semua hasil penilaian tersebut termasuk dalam kategori penilaian “Sangat Baik‟.

Kata kunci: Pengembangan, bahan ajar, audiovisual, website

 


Full Text:

PDF

References


Lukitaningrum, H. L. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Materi Basis Data Di Sekolah Menengah Kejuruan Kelas XI. Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Informatika, 5(5)

Nurseto, Tejo. 2011. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Yogyakarta: FE UNY

Purmadi, A., dan Surjono, H. D. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Untuk Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2), 151-165

Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press

Uno, H. B., dan Ma'ruf, A. R. K. 2016. Pengembangan media pembelajaran IPS berbasis website untuk siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 18(3), 169-185




DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v11i2.34239

Article Metrics

Abstract view : 221 times
PDF - 108 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dasa Oktaviani Br Ginting, Diah Eka Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.