Nilai Perjuangan Novel Langit dan Bumi Sahabat Kami Karya Nh. Dini dan Relevansinya Sebagai Bahan Ajar di SMA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan nilai-nilai perjuangan yang terkandung dalam novel Langit dan Bumi Sahabat Kami karya Nh. Dini dan relevansinya sebagai bahan ajar di SMA. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif yang dijabarkan dan diuraikan secara rinci. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dengan pengembangan analisis kritis. Sumber data berupa novel Langit dan Bumi Sahabat Kami karya Nh. Dini, dengan data berupa kata, frasa atau kalimat yang mencerminkan nilai perjuanagn. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa novel Langit dan Bumi Sahabat Kami karya Nh. Dini mengandung nilai perjuangan antara lain yakni nilai sabar dan pantang menyerah, rela berkorban dan tolong menolong, kerja sama dan kerja keras. Hasil penelitian yang dilakukan dapat digunakan sebagai bahan ajar pembelajaran sastra di SMA. Relevansi dan keterkaitan novel Langit dan Bumi Sahabat Kami karya Nh. Dini terletak pada materi menganalisis pesan atau kandungan dalam karya sastra.Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Arifin, M. Z., Katrini, Y. E., & H., T. P. R. N. (2020). Nilai-Nilai Perjuangan Tokoh Utama dalam Novel Dunia Samin Karya Soesilo Toer: Tinjauan Sosiologi Sastra dan Implementasinya sebagai Materi Ajar Pembelajaran Sastra di SMA. Repetisi: Riset Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 26–38.
Badio, S., Nurgiyantoro, B., & Hartono. (2019). Nilai Perjuangan dalam Novel Arus Balik Karya Pramoedya Ananta Toer. Indonesian Language Education and Literature, 5(1), 33. https://doi.org/10.24235/ILEAL.V5I1.3723
Iskandar, R. A. (2022). Kajian Nilai Perjuangan dalam Novel Mahbub Djunaidi dengan Menggunakan Metode Deskriptif Analisis dan Pemanfaatannya Sebagai Alternatif Bahan Ajar Novel Sejarah. Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 5(2), 160–179.
Kayati, N. (2017). Nilai Kepahlawanan Dalam Novel Hanoman Karya Pitoyo Amrih Pendekatan Sosiologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di Sd. Stilistika: Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 3(2), 49–58.
Nh. Dini. (1998). Langit dan Bumi Sahabat Kami (4th ed.). PT. Gramedia Pustaka Utama.
Nilawijaya, R., & Inawati. (2020a). Tinjauan Sosiologi Sastra Novel Ayah Karya. Jurnal Ilmiah Bina Bahasa, Vol 13 No., 23–32.
Nilawijaya, R., & Inawati. (2020b). Tinjauan Sosiologi Sastra Novel Ayah Karya Andrea Hirata dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA. Jurnal Ilmiah Bina Bahasa, Vol 13 No.(02), 23–32.
Nizam, M. A. (2019). Nilai Perjuangan Dalam Novel Kami (Bukan) Sarjana Kertas Karya J.S. Khairen. Prosiding SENASBASA, 3(2), 685–693.
Primasari, D., Suyitno, & Rohmadi, M. (2016). Analisis Sosiologi Sastra dan Nilai Pendidikan Karakter Novel Pulang Karya Leila S. Chudori Serta Relevansinya sebagai Materi Ajar Apresiasi Sastra di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 4(1), 50–64.
Rumadi, H. (2020). Representasi Nilai Perjuangan dalam Novel Berhenti di Kamu Karya Gia Pratama. Semiotika, 21(1), 1–9.
Samaon, srikandi saemah, & Subet, mary fatimah. (2020). Perwatakan dalam novel KOMSAS “Di Sebalik Dinara” : analisis teori televan. Asian People Journal (APJ), 3(1), 84–100.
Susilo, J., Juwanda, & Dewi, K. P. (2020). Nilai-Nilai Kehidupan pada Novel Paradigma Karya Syahid Muhamad dan Pemanfaatannya sebagai Bahan Ajar dalam Pembelajaran Teks Novel di SMA. Jurnal Tuturan, 9(2), 59–64.
Wiratama, A. W. ., Oktariyanti, S. E. A. ., & Pramiari, G. A. . (2021). Representasi nilai-nilai perjuangan dalam puisi selendang frasa: analisis sosiologi sastra. Indonesian Journal of Educational Development, 2, 195–206. https://doi.org/10.5281/zenodo.5232344
Zuliana, D. (2018). Analisis Semiotik Ada Surga Di Rumahmu. H.27.
DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v11i2.36444
Article Metrics
Abstract view : 421 timesPDF - 516 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Ilham Bagus Pangestu, Fajar Ali Mashuri, Titik Sudiatmi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.