Strategi Pembelajaran BIPA dengan Pendekatan Komunikatif-Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal
Abstract
B
Penelitian ini bertujuan untuk [1] mendeskripsikan pendekatan komunikatif-kontekstual untuk pembelajaran BIPA, [2] menjelaskan kearifan lokal sebagai sumber bahan pembelajaran BIPA, dan [3] menjelaskan implementasi pendekatan komunikatif-kontekstual berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran BIPA. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka. Sumber data penelitian ini berupa buku dan artikel jurnal. Pengumpulan data penelitian dengan cara mengumpulkan sumber data, memperdalam pengetahuan tentang topik permasalahan dan bidang strategi pembelajaran BIPA, pendekatan komunikatif-kontekstual, dan kearifan lokal. Analisis data menggunakan analisis komparasi. Validasi keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa pendekatan komunikatif-kontekstual dapat diterapkan dalam pembelajaran BIPA. Pengaplikasian pendekatan komunikatif-kontekstual dapat menambah bendahara kosa kata yang dimiliki oleh pemelajar BIPA. Selain itu, pengenalan kearifan lokal kepada pemelajar asing juga mendapatkan poin tersendiri yang mampu membangun suasana kelas menjadi lebih menyenangkan dan pemelajar BIPA juga mendapatkan wawasan dan ilmu yang bermanfaat.
Full Text:
PDFReferences
Anggaira, A. S. (2019). Literasi Terkini dalam Pembelajaran BIPA pada Era Revolusi Digital. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 29–39. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2511/2322
Fitriani, R. S. (2019). Model Pembelajaran Berbasis Saintifik Menggunakan Alat Peraga E Pen Interaktif dengan Muatan Kearifan Lokal pada Era Industri 4.0 untuk Pengajaran BIPA di Uninus. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 40. https://doi.org/10.33603/dj.v6i2.2187
Hidayati, N. A., & Hariyadi, A. (2020). Strategi Pembelajaran BIPA dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Budaya Kearifan Lokal sebagai Bentuk Pengenalan Keragaman Budaya Indonesia (Turnitin). … Bip Di Era …. http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/1437
Istanti, W. (2017). Strategi Pembelajaran BIPA Aspek Berbicara dengan Metode Bermain Peran Menjadi Presenter TV bagi Mahasiswa Level C1. PIBSI XXXIX, Semarang 7-8 November 2017, November, 642–651.
Jazeri, M. (2016). Model Perangkat Pembelajaran Keterampilan Berbicara Dengan Pendekatan Komunikatif Kontekstual Bagi Mahasiswa Asing. Litera, 15(2), 217–226. https://doi.org/10.21831/ltr.v15i2.11824
Junaidi, F., Andhira, R., Mustopa, E., S-, M., & Belakang, L. (2017). Implementasi pembelajaran bipa berbasis budaya sebagai strategi menghadapi mea. The 1st Education and Language International Conference, 317–324.
Pangesti, F., & Wiranto, A. B. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Bipa Berbasis Lintas Budaya Melalui Pendekatan Kontekstualkomunikatif. Jurnal Pendidikan Bahasa, 7(2), 342. https://doi.org/10.31571/bahasa.v7i2.1015
Surip. (2022). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATA KULIAH SASTRA NUSANTARA BERWAWASAN KEARIFAN LOKAL BUDAYA SUMATERA UTARA DI PRODI SASTRA INDONESIA. 11(1), 9–25.
Suyitno, I. (2017). Aspek Budaya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA). Bahasa Dan Sastra Indonesia Dalam Konteks Global, 0812178003, 55–70.
Utami, N. (2021). Analisis Strukturalisme Teks Drama Jaka Tarub Dan 7 Bidadari Karya Akhudiat. Lingua Franca:Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(2), 199. https://doi.org/10.30651/lf.v5i2.5475
Wahyuningsi, E. (2019). Pendekatan Komunikatif Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 03(02), 1–13.
DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v11i2.37351
Article Metrics
Abstract view : 1950 timesPDF - 970 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Inka Krisma Melati, Daroe Iswatiningsih, Arif Budi Wurianto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.