PENGARUH METODE PANCINGAN KATA KUNCI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI OLEH SISWA KELAS VIII SMP SWASTA MULIA PRATAMA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran metode pancingan kata kunci terhadap kemampuan menulis puisi oleh siswa kelas VIII SMP Swasta Mulia Pratama Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Mulia Pratama Medan sebanyak 128 orang dan sampel diambil secara acak sebanyak 32 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one group pretest posttest design.Instrumen yang digunakan adalah tes menulis puisi. Nilai rata-rata posttest adalah 84,37, sedangkan nilai pretest adalah 77,66. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata menulis puisi setelah perlakuan lebih tinggi daripada nilai sebelum perlakuan.Uji homogenitas berdasarkan tabel distribusi F pada taraf signifikan α = 0,05 dengan dk pembilang dan dk penyebut 32, diperoleh Ftabel yaitu 6,57 dan Fhitung 26,5. Dapat disimpulkan bahwa Fhitung < Ftabel yakni 6,57<26,5. Hal ini memenuhi syarat untuk dilakukan uji homogenitas.Pengujian hipotesis yaitu thitung > ttabel yakni 5,78>2,03. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima.Hal ini membuktikan bahwa metode pembelajaran pancingan kata kunci berpengaruh positif dalam menulis puisi.
Kata kunci: metode pancingan kata kunci, kemampuan menulis, puisi
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/bss.v4i4.3763
Article Metrics
Abstract view : 153 timesPDF - 139 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 1970 Charly Rawita Simamora, Rosmawaty Rosmawaty
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.