PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD(STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP KEMAMPUAN MENEMUKAN MASALAH UTAMA BERITA BERTOPIK SAMA OLEH SISWAKELAS VIII SMP NEGERI 1 SEI BAMBANTAHUN PEMBELAJARAN2015/2016

Ayu Maulina, Tangson R. Pangaribuan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Team Achievement Division) Terhadap Kemampuan Menemukan Masalah Utama Berita Bertopik Sama oleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sei Bamban Tahun Pembelajaran  2015/2016. Sampel dilakukan secara random, sehingga sampel yang di miliki sebanyak 40 sampel. Hasil penelitian disimpulkan, kemampuan menemukan masalah utama berita bertopik sama setelah menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe StadOleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sei Bamban Tahun Pembelajaran  2015/2016 adalah baik dengan nilai rata-rata 74,25. Sedangkan, Kemampuan Menemukan Masalah Utama Berita Bertopik Sama sebelum menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Oleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sei Bamban Tahun Pembelajaran  2015/2016 adalah kurang dengan nilai rata-rata 57. Model Kooperatif Tipe Stad ini berpengaruh dalam menemukan masalah utama berita bertopik sama. Ini terbukti dari hasil uji “t” diperoleh nilai thitung >ttabel, yakni 2,40>1,68. Untuk itu perlu guru bidang studi bahasa Indonesia di sekolah setempat meningkatkan pelajaran menemukan masalah utama berita bertopik sama dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Stad, karena pembelajaran ini terbukti berpengaruh dalam kemampuan siswa terhadap menemukan masalah utama berita bertopik sama.

 

Kata Kunci: Model Kooperatif Tipe Stad (Student Team Achievement Division),Menemukan Masalah Utama, Berita Bertopik Sama.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v5i1.3787

Article Metrics

Abstract view : 73 times
PDF - 90 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Ayu Maulina, Tangson R. Pangaribuan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.