PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP KEMAMPUAN MENGUBAH TEKS WAWANCARA MENJADI KARANGAN NARASI OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 16 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Rika Pebriyanti, Syairal Fahmy Dalimunthe

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI)terhadap kemampuan mengubah teks wawancara menjadi karangan narasi oleh siswa kelas VII SMP Negeri 16Medan tahun pembelajaran 2015/2016 yang berjumlah 41 orang. Sampel penelitian ini merupakan sampel yang ditetapkan dari sebagian jumlah populasi yang ada yaitu sebanyak 260 orang siswa.Penelitian ini bersifat eksperimen dengan model one group pretest posttest design.Dari pengolahan data yang diperoleh kemampuan mengubah teks wawancara menjadi karangan narasi sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan rata-rata 60,24, sedangkan hasil kemampuan mengubah teks wawancara menjadi karangan narasi setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) diperoleh rata-rata 85,08. Dari uji homogenitas didapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah dilakukan uji normalitas dan homogenitas, maka didapatlah sebesar 11,5 ; setelah  diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan , pada taraf signifikan 5% = 1,68, karena  yang diperoleh lebih besar dari yaitu 11,5 1,68, hipotesis alternatif ( ) diterima.  Berdasarkan analisis data di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI)berpengaruh positif terhadap kemampuan mengubah teks wawancara menjadi karangan narasi oleh siswa kelas VII SMP Negeri 16Medan tahun pembelajaran 2015/2016.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI), Mengubah Teks Wawancara, Karangan Narasi.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v5i2.3795

Refbacks

  • There are currently no refbacks.