PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMASISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 KISARAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Dian Pebriana Silalahi, Syairal Fahmy Dalimunthe

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan menulis naskah drama.Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Kisaran Tahun Pembelajaran 2015/2016 yang berjumlah 370 siswa.Sampel diambil secara acak yaitu siswa kelas IX-5 yang berjumlah 30 orang.Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode eksperimen.Instrumen yang digunakan adalah tes esai.Dari pengolahan data menunjukkan bahwa kemampuan menulis naskah drama siswa kelas IX SMP Negeri 1 Kisaran Tahun Pembelajaran 2015/2016 sebelum menggunakan model pembelajaran berbasis proyek termasuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 66,5 sedangkan kemampuan siswa menulis naskah drama sesudah menggunakan model pembelajaran berbasis proyek termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 74, 33. Dari uji data didapat kedua hasil berdistribusi normal.Nilai uji homogenitas yaitu Fhitung<Ftabel yakni 1.00< 1.84. Dan pengujian hipotesis yaitu to>ttabel yakni 2,94>1.70, telah membuktikan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima.Dilakukan analisis data ternyata diperoleh nilai rata-rata kemampuan menulis naskah drama dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek  oleh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Kisaran Tahun Pembelajaran 2015/2016 tingkat sangat baik ada 6 orang atau 20 %, pada tingkat baik ada 17 orang atau 56.67 %, berada pada tingkat cukup ada 1 orang atau 3.33 %, dan yang berada pada kategori kurang tidak ada atau 0 %.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kemampuan Menulis Naskah Drama


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v5i2.3797

Refbacks

  • There are currently no refbacks.