PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Rini Turnip, H. Sigalingging

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran penemuan (discovery learning) terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi oleh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Lubuk Pakam tahun pembelajaran 2014/2015yang berjumlah 288 orangdan yang menjadisampelpenelitianiniadalah 32 sorang. Sampel penelitian inimenggunakanteknik purposive sampling (sampelbertujuan).Penelitian ini bersifat eksperimen dengan model one group pre-test and post-test desain.Di dalamdesaininipengukurandilakukansebanyakdua kali yaitusebelumeksperimendansesudaheksperimen.Dari pengolahan data diperolehnilai rata-rata pre-test 63,44, standardeviasi 10,35, penyebarannilaisiswaterbanyakadalah 60 sebanyak 10 siswaatausekitar 31,25%. Nilai rata-rata post-test 77,50, standardeviasi 10,47, danpenyebarannilaisiswaterbanyakadalah 80 sebanyak 11 siswaatausekitar 34,37%. Berdasarkanujinormalitas, hasilpre-test danpost-testdinyatakanberdistribusi normal. Dari uji homogenitas didapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, didapatlah sebesar 5,32. Selanjutnya dikonsultasikan dengan , pada taraf signifikan 5% = 2,04, karena  yang diperoleh lebih besar dari yaitu 5,322,04, maka(Hipotesis nihil) ditolak dan hipotesis alternatif () diterima. Berdasarkan analisis data di atas dapat disimpulkan model pembelajaranpenemuan (discovery learning) berpengaruh positif terhadap kemampuan menulistekseksplanasioleh siswa kelas VII SMP Negeri 2 LubukPakamtahun pembelajaran 2014/2015.

Kata Kunci:ModelDiscovery Learning, MenulisTeksEksplanasi


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v5i2.3798

Article Metrics

Abstract view : 227 times
PDF - 147 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Rini Turnip, H. Sigalingging

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.