PENGARUH PENGGUNAAN METODE OBJEK LANGSUNG TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI OLEHSISWAKELAS VIISMP MULIA PRATAMA MEDANTAHUN AJARAN 2014/2015

Sebaya Kristina Sihite, Rumasi Simaremare

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode objek langsung dan metode ekspositori dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Mulia Pratama Medan dengan jumlah 120 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 60 siswa dengan menggunakan teknik purposive. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah penugasan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, dengan desain Two-group Post-test Only Design. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan tes “t”. Dari pengolahan data diperoleh hasil post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol. Adapun nilai rata-rata kelas eksperimen dengan Metode Objek Langsung = 77,17, standar deviasi = 7,15, dan termasuk pada kategori sangat baik sebanyak 8 siswa atau 26,7%, kategori baik sebanyak 13 siswa atau 43,3%, kategori cukup sebanyak 9 siswa atau 30%. Sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol dengan Metode Ekspositori = 68,83, standar deviasi = 6,67, dan termasuk kategori baik sebanyak 9 siswa atau 30%, kategori cukup sebanyak 16 siswa atau 53,3%, kategori kurang sebanyak 5 siswa atau 16,7%. Dari hasil uji data post-test diketahui keduanya berdistribusi normal. Dari uji homogenitas diperoleh bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, diperoleh t0 sebesar 4,66, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf 5% maupun 1% dengan df = (N1+N2) – 2 = (30+30) – 2 = 58. Pada tabel t dengan taraf df = 58 diperoleh taraf signifikan 5% = 2,00 dan taraf signifikan 1% = 2,65 karena t0 yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 2,00 < 4,66 > 2,65, maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh bukti bahwa kemampuan menulis puisi dengan menggunakan metode objek langsung lebih baik daripada menggunakan metode ekspositori di SMP Mulia Pratama Medan tahun ajaran 2014/2015.

Kata kunci: metode objek langsung, metode ekspositori, kemampuan menulis puisi.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v5i1.3803

Article Metrics

Abstract view : 109 times
PDF - 126 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Sebaya Kristina Sihite, Rumasi Simaremare

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.