Penerapan Media Video dan Model Discovery Learning dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Materi Teks Cerpen Kelas IX di SMPN 5 Depok

Alfi Khoiru An Nisa, Haryadi Haryadi, Agus Nuryatin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kombinasi penerapan media pembelajaran video dan penerapan. Model discovery learning pada pembelajaran materi teks cerpen kelas IX di SMPN 5 Depok. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran materi teks cerpen kelas IX di SMPN 5 Depok. Data beruupa hal yang bersangkutan dengan indikator penelitian yaitu tentang media dan model pembelajaran. Teknik penelitian menggunakan teknik baca-catat. Teknik analisis adalah mendeskripsikan sesuai dengan teori atau indikator penelitian. Hasil dari penleitian ini menunjukkan (1) penerapan media video pada pembelajaran bisa diterapkan langsung pada pelaksanaan pembelajaran, dan (2) penerapan model discovery learning pada langkah-langkah pembelajaran telah sesuai dengan aturan penerapan model discovery learning.


Full Text:

PDF

References


Alimah, N. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Video Animasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Memperkenalkan Anggota Keluarga Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Peserta Didik Kelas I SDI Alfattah Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2020/2021. JP3 (Jurnal Pendidikan Dan Profesi Pendidik), 6(1), 25–33. https://doi.org/10.26877/jp3.v6i1.7299

Andyani, N., Saddhono, K., & Mujyanto, Y. (2016). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Dengan Menggunakan Media Audiovisual Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 4(2), 164–165.

Hartati, S. (2021). Peningkatan Kreativitas Dan Prestasi Belajar Matematika Konsep Pola Bilangan Melalui Pemberian Tugas Mandiri Pada Siswa. Jurnal VARIDIKA, 33(1), 63–70. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.15233

Izabella, D. M., Purnamasari, V., & Darsimah, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Muatan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1900–1908. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1104

Melly, M. (2020). Analisis Kelebihan dan Kekurangan Model Discovery Learning Berbasis Media Audiovisual dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Orphanet Journal of Rare Diseases, 21(1), 1–9.

Nisa, A. K. A. (2021a). Penerapan dan Senyapan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Model Discovery Learning Kelas XII di SMA Negeri 1 Jarai Kabupaten Jarai. Jembatan Merah, 24(2), 118–130.

Nisa, A. K. A. (2021b). Tindak Tutur Ilokusi pada Pertunjukkan Drama Virtual Berjudul Monumen Karya Indra Tranggono. Basastra, 9(2), 223–240.

Nisa, A. K. A., Trisnawati, Y., & Prihatini, A. (2021). Tindak Tutur Ekspresif Tokoh dalam Novel Pulang-Pergi Karya Tere Liye. MABASAN, 15(2), 365–380.

Panje, M., Sihkabuden, & Toenlioe, A. J. . (2016). Pengembangan Video Pembelajaran Bahasa Indonesia Teknik Membaca Puisi. Jurnal Pendidikan, 1(8), 1473–1478.

Ridha, M., Firman, F., & Desyandri, D. (2021). Efektifitas Penggunaan Media Video pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 154–162. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/925

Rohmah, F. (2020). Pengembangan Modul Sintaksis Bermodel Discovery Learning Untuk Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 20(1), 111–120. https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v20i1.25976

Sakdiah, H., & Syahrani, S. (2022). Pengembangan Standar Isi dan Sandar Proses Dalam Pendidikan Guna Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Sekolah. Cross-Border, 5(1), 622–632.

Suprianto, E. (2020). Implementasi Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 22. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.810

Susmiati, E. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model Discovery Learning dan Media Video Dalam Kondisi Pandemi Covid-19 bagi Siswa SMPN 2 Gangga. Jurnal Paedagogy, 7(3), 210. https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2732




DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v11i3.39368

Article Metrics

Abstract view : 206 times
PDF - 154 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Alfi Khoiru An Nisa, Haryadi Haryadi, Agus Nuryatin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.