Analisis Strategi Guru Bahasa Indonesia dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SMKN 11 Malang

Hana Nathasia, Machrus Abadi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang digunakan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas X di SMK Negeri 11 Malang dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancar dan observasi. Hasil penelitian dibagi menjadi tiga bagian, yaitu perencanaan, proses, dan penilaian pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam perencanaan pembelajaran guru perlu membuat Modul Ajar yang digunakan secara mandiri. Proses pembelajaran dibagi menjadi tiga tahapan yaitu pendahuluan, inti, dan penutup. Pada kegiatan pendahuluan guru melakukan apersepsi dan menyampaikan tujuan pembelajaran. Pada kegiatan inti guru memberikan pengajaran dengan strategi yang meliputi pemilihan model, pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran. Pada kegiatan penutup guru memberikan penugasan dan kesimpulan. Pada penilaian/evaluasi pembelajaran IKM menggunakan dua jenis asesmen, yaitu formatif dan sumatif. Dari tiga tahapan tersebut dapat disimpulkan bahwa guru sudah melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Panduan Pembelajaran dan Asesmen 2021 oleh Kemendikbud Ristek.

Kata kunci: Strategi pembelajaran, Implementasi Kurikulum Merdeka


Full Text:

PDF

References


Asrori, M. (2013). Pengertian, Tujuan Dan Ruang Lingkup Strategi Pembelajaran. Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 5(2), 26.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2021). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA). Jakarta: Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Kurikulum Merdeka. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka/. Diakses pada 29 Agustus 2022.

Laki, R. (2018). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Guru Tua: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 23-29.

Mardianto. (2012). Psikologi Pendidikan: Landasan Bagi Pengembangan Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.

Masyukur, Ruhban. (2019). Teori dan Telaah Pengembangan Kurikulum. Bandar Lampung: AURA.

Mayasari, T., Kadarohman, A., Rusdiana, D., & Kaniawati, I. (2016). Apakah model pembelajaran problem based learning dan project based learning mampu melatihkan keterampilan abad 21?. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 2(1), 48-55.

Nurhasanah, Siti, Agus Jayadi, dan Rika Sa’diyah. (2019). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Edu Pustaka.

Panggabean, Suvriadi, dkk. (2021). Konsep dan Strategi Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Pramudyani, Avanti Vera Risti. (2018). Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Surcahya.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313-6319.

Rahmat, Pupu Saeful. (2018). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tahrim, Tasdin, dkk. (2021). Pengembangan Model dan Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pidie: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.




DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v11i3.39685

Article Metrics

Abstract view : 1402 times
PDF - 1249 times

Refbacks



Copyright (c) 2022 Hana Nathasia, Machrus Abadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.