PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI (INQUIRYBASEDLEARNING)TERHADAP KEMAMPUANMENGANALISISTEKS NEGOSIASISISWAKELASX SMA NEGERI2KABANJAHE TAHUN PEMBELAJARAN2015/2016

Devi Srita Ulina Br Bangun, Syahnan Daulay

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri (Inquiry Based Learning) Terhadap Kemampuan Menganalisis Teks NegosiasiSiswa Kelas X SMA Negeri 2 KabanjaheTahun Pembelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kabanjahe sebanyak 320 orang dan pengambilan sampel dilakukan secara random sampling, sehingga diperoleh sampel penelitian sebanyak 32 orang.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one group pre-test dan post-test design. Instrumen yang digunakan adalah tes menganalisis teks negosiasi. Nilai rata-rata sebelum perlakuan (pre-test) adalah 69,06, standar deviasi 9,39, dan standar error 1,68 sedangkan nilai rata-rata setelah perlakuan adalah 78,59, standar deviasi 9,53, dan standar error 1,71. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata menganalisis teks negosiasi setelah perlakuan lebih tinggi daripada nilai sebelum perlakuan. Pengujian hipotesis thitung = 3,98 kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikasi 5%= 1,70. Karena thitung = 3,98 > ttabel = 1,70 maka hipotesis nihil (Ho) ditolak. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran inkuri mempengaruhi kemampuan menganalisis teks negosiasisiswa kelas X SMA Negeri 2 KabanjaheTahun Pembelajaran 2015/2016.

 

Kata kunci:Model Pembelajaran inkuiri, Menganalisis, Teks negosiasi.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v5i3.4382

Article Metrics

Abstract view : 102 times
PDF - 97 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Devi Srita Ulina Br Bangun, Syahnan Daulay

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.