Hubungan Pemahaman Isi, Struktur, dan Ciri Kebahasaan Terhadap Kemampuan Menulis Teks Negosiasi Oleh Siswa Kelas X SMK N 1 Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2015/2016

Rezeki Syahpridayani Dalimunte, Fitriani Lubis

Abstract


Penelitian ini dilakukan di SMK N 1 Percut Sei Tuan pada tahun 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Pemahaman Isi, Struktur, dan Ciri Kebahasaan Terhadap Kemampuan Menulis Teks Negosiasi Oleh Siswa Kelas X SMK N 1 Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2015/2016.

Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas X SMK N 1 Percut Sei Tuan yang berjumlah 795 orang. Dari populasi ini diambil sampel yang terdiri dari 25 orang. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode penelitian korelasional (ex post facto). Data pemahaman isi, struktur, ciri kebahasaan dan kemampuan menulis teks negosiasi oleh siswa di jaring dengan menggunakan objektif tes sebanyak 60 soal dan essay tes yang disusun berdasarkan tujuan yang ingin dicapai. Sebelum dilakukan pengujian data terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji linearitas. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa data berdistribusi normal.

Untuk menguji hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini digunakanteknik analisis regresi ganda. Kemampuan menulis teks negosiasi dengan  persamaan regresi gandaY = 108,048 – (X1) 0,152 – (X2) 0,008 – (X3) 0,222dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 9.8% yang berarti bahwa kemampuan menulis teks negosiasi dapat dijelaskan oleh X1, X2, dan X3. Sedangkan hasil regresi menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan berarti antara hubungan pemahaman isi dengan kemampuan menulis teks negosiasi dengan koefisien korelasi rx1y = 0.273, hubungan pemahaman struktur dengan kemampuan menulis teks negosiasi dengan koefisien korelasi rx2y = 0.270, hubungan pemahaman ciri kebahasaan dengan kemampuan menulis teks negosiasi dengan koefisien korelasi rx3y = 0.301, dan hubungan pemahaman isi, struktur, dan ciri kebahasaan dengan kemampuan menulis teks negosiasi dengan koefisien korelasi rx1x2x3 = 0.313.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan yang positif dan signifikan antara hubungan pemahaman isi, struktur, dan ciri kebahasaan terhadap kemampuan menulis teks negosiasi siswa kelas X SMK N 1 Percut Sei Tuan tahun pembelajaran 2015/2016.

Kata Kunci: Pemahaman Isi, Struktur, Ciri Kebahasaan, dan Kemampuan Menulis teks Negosiasi.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v5i3.4389

Article Metrics

Abstract view : 241 times
PDF - 133 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Rezeki Syahpridayani Dalimunte, Fitriani Lubis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.