Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Menganalisis Teks Prosedur Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 6 Semarang

Istiqomah Novitaningrum

Abstract


Pendidikan merupakan bentuk upaya yang dilakukan individu dalam rangka memperoleh ilmu dan pengajaran mengenai beragam aspek kehidupan. Enam elemen Profil Pelajar Pancasila (P3) yang meliputi:1) Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia. 2) Berkebhinnekaan global. 3) Bergotong royong. 4) Mandiri. 5) Bernalar kritis. dan 6) Kreatif dinilai dapat menjadi acuan dalam mengetahui karakteristik peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi P3 dalam pembelajaran menganalisis teks prosedur pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 6 Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa nontes dengan melakukan observasi dan dokumentasi terhadap kejadian di dalam dan luar kelas. Hasil penelitian ini disajikan dalam bentuk deskripif. Temuan pada penelitian ini menunjukkan bahwa ketika pembelajaran menganalisis teks prosedur, terlihat bahwa peserta didik menunjukkan beragam aspek perilaku/karakter yang mencerminkan dimensi P3.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: CV Syakir Media Press.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Cintia, N. I., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018, April). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar SIswa. PERSPEKTIF -Jurnal Pendidikan, 32, 70. doi:https://doi.org/10.21009/PIP.321.8

Fitriani. (2022).

Istianah, A., & Susanti, R. P. (2021, Oktober). Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya Membentuk Karakter Pelajar Pancasila. Gatra Nusantara, 19, 205.

Kemdikbud. (2022). Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka.

Oktari, D. P., & Kosasih, A. (2019). Pendidikan Karakter Religius dan Mandiri di Pesantren. JPIS, 28(1), 48.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Widayati, S. (2020). Gotong Royong. Semarang: Alprin.

Yanuarti, E. (2017, Agustus). Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Relevansinya dengan Kurikulum 13. Jurnal Pendidikan, 11, 240.

Zuchron, D. (2021). Tunas Pancasila. Direktorat Sekolah Dasar Dirjen PAUD, Dikdas dan Dikmen Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.




DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v12i1.44569

Article Metrics

Abstract view : 305 times
PDF - 1004 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Istiqomah Novitaningrum

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.