Persepsi Guru dan Siswa mengenai Industri Kreatif Berbasis Bahasa dan Sastra Indonesia

Aji Santoso, Sarwiji Suwandi, Sugit Zulianto

Abstract


Kemajuan zaman dan teknologi yang syarat akan kreatifitas menjadi babak baru bagi perkembangan bahasa dan sastra Indonesia. Pembelajan Bahasa Indonesia dalam kelas yang baik adalah pembelajaran yang beroientasi jangka panjang untuk menerapkan hasil pembelajaran di luar kelas. Industri kreatif dapat menjadi arena penerapan bahasa dan sastra untuk memperoleh manfaat, baik keuntungan maupun bagi lingkungan sekitar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualtitatif dengan bentuk studi kasus. Data yang digunakan dalam penelitian adalah persepsi guru Bahasa Indonesia dan siswa. Sumber data dari penelitian adalah informan, dokumen, dan kegiatan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Persepsi guru Bahasa Indonesia mengenai Industri kreatif berbasis bahasa dan sasrtra yaitu industri yang memadukan keterampilan berbahasa dan sastra serta inovasi dan kreativitas untuk masuk dalam dunia industri guna memperoleh nilai manfaatnya. Sedangkan persepsis siswa adalah sebagai kreativitas yang diterapkan dalam dunia bahasa dan sastra untuk masuk dalam ranah industri yang dapat mengikuti perkembangan zaman. Persepsi mengenai industri kreatif berbasis bahasa dan sastra penting diketahui untuk membuka mata masyarakat mengenai pentingnya bahasa dan sastra Indonesia serta peluang memperoleh manfaat dalam penggunaannya.

Kata kunci: Persepsi, industri kreatif, bahasa dan sastra, guru, siswa

 


Full Text:

PDF

References


Candra, W., Harini, D. A., & Sumirta, N. (2017). Psikologi Landasan Keilmuan Praktik

Keperawatan Jiwa. Denpasar: ANDI.

Damono, S. D. (2018). Kesusastraan dan Industri Kreatif. Jurnal Urban, 2(1), 3-8. doi:

https://doi.org/10.52969/jsu.v2i1.41

Departemen of Culture, M. a. (1998). Creative Industries Mapping Document. London:

DCMS.

Hindun. (2018). Sikap Bahasa dan NIlai Ekonomi Kreatif dalam "Modern Moms". ICCALL (the 2nd International Conference on Culture, Art, Language, and

Literature). Bandung: UIN Sunan Gunung Jati. Retrieved from

http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/44657

Mineri, N. C. (2022). Media Industri Kreatif Sastra dalam Laman Youtube "Riri Cerita

Anak Interaktif". Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, dan Seni. 2, pp.

-188. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta. Retrieved Januari 10, 2023, from

https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/prosiding_fbs/article/view/31271

Nasirudin, S. (2018). Membangun Budaya Literasi dalam Industri Kreatif. Seminar

Nasional Dies Natalis UNM ke-57, 359-370. Retrieved September 3, 2022, from

http://eprints.unm.ac.id/11327/

Priyanti, E. T. (2015). Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013.

Jakarta: Bumi Aksara.

Robbin, S. P., & Judge, T. A. (2013). Organizational Behavior. Prentice Hall: Fifteenth

Edition.

Ruslan, R., & Salam. (2022). Bahasa Pemikat Hati Pelanggan: Krativitas Bahasa dalam

Industri Kreatif. TITIK DUA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra

Indonesia, 2(1), 18-30. Retrieved September 10, 2022, from

https://ojs.unm.ac.id/titikdua/article/view/25364

Sufanti, M. (2014). Strategi Pengajaran Bahasa dan Sastra. Surakarta: Yuma Pustaka.

Sugono, D. (2014). Peran dan Kekuatan Bahasa Indonesia dalam Idustri Kreatif

Kebahasaan. Jakarta: Badan Pengembanagn dan Pembinaan Bahada

Kementrerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sutarto, A. (2014). Bahasa, Sastra, Zaman Edan, dan Industri Kreatif. Literasi, 4(2),

-150. Retrieved September 3, 2022, from

https://jurnal.unej.ac.id/index.php/LIT/article/view/6264

Sutopo. (2006). Metodologi Penelitia Kualitatif: Teori dan penerapannya dalam

penelitian. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Suwandi, S. (2018). Pendidikan Literasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syukron, A. (2017). Arah Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Berbasis

Industri Kreatif dan Industri Budaya di Era GLobal. Jember: Universitas

Jember. Retrieved 10 2022

Walgito, B. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi.




DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v12i2.44775

Article Metrics

Abstract view : 139 times
PDF - 135 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aji Santoso, Sarwiji Suwandi, Sugit Zulianto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.