DEIKSIS PERSONA PADA FILM NGERI-NGERI SEDAP

Avifa Trizki Adeira, Dardanila Dardanila, Asrul Siregar

Abstract


Abstrak

Hasil penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis deiksis persona yang terdapat dalam film Ngeri-ngeri Sedap karya Bene Dion Rajagukguk. Deiksis pada film tersebut banyak mengandung leksem kekerabatan dalam bahasa Batak sebagai bentuk ketakziman. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode simak untuk pengumpulan data, kemudian menggunakan teknik Simak Bebas Libat Cakap (SBLC) sebagai teknik lanjutan. Untuk menganalisis data, penelitian ini menggunakan metode padan dengan teknik simak dan catat. Hasil penelitian ini disajikan menggunakan metode penyajian data informal. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa terdapat tujuh jenis deiksis persona dan tiga puluh satu bentuk deiksis persona yang terdapat dalam film Ngeri-ngeri Sedap, yaitu deiksis persona pertama tunggal (saya, aku, ku, dan -ku), deiksis persona pertama jamak (kami dan kita), deiksis persona kedua tunggal (kau, kamu, -mu, dan lo), deiksis persona kedua tunggal leksem kekerabatan (lae, bang, dek, kak/kakak, mak/mamak, pak/bapak, mang/amang, nang/inang, tulang, eda, ito, amang boru, bapa uda, A/Aa, neng/eneng, mbak, dan mas), deiksis persona kedua jamak (kalian), deiksis persona ketiga tunggal (dia dan -nya), dan deksis ketiga jamak (mereka).

 

Kata kunci: Pragmatik, deiksis persona, film.

 

Abstrack

The results of this study aim to describe the types of persona deixis contained in the film Ngeri-ngeri Sedap by Bene Dion Rajagukguk. Deixis in the film contains many kinship lexemes in Batak language as a form of piety. This study used a qualitative descriptive approach with the listening method for the data collection, then used the Simak Bebas Libat Cakap (SBLC) technique as an advanced technique. To analyze the data, this study used the matching method with the observation and note taking technique. The results of this study were presented using an informal data presentation method. The research findings show that there are seven types of persona deixis and thirty-one forms of persona deixis contained in the film Ngeri-ngeri Sedap, namely the first persona singular deixis (saya, aku, ku, and -ku), the plural first person deixis (kami and kita), the second person singular deixis (kau, kamu, -mu, and lo), the second person singular deixem of kinship lexemes (lae,  bang, dek, kak/kakak, mak/mamak, pak/bapak, mang/amang, nang/inang, tulang, eda, ito, amang boru, bapa uda, A/Aa, neng/eneng, mbak, and mas), deixis of the second person plural (kalian), deiksis of the third person singular (dia and -nya), and deixis third plural (mereka).

Full Text:

PDF

References


Chaer, A., 2010, Kesantunan Berbahasa, Rineka Cipta, Jakarta.

Fahrunisa, Nida dan Utomo, Asep Purwo Yudi, 2020, Deiksis Persona dalam Film Dua Garis Biru Karya Gina S. Noer Produksi Starvision dan Wahana Kreator, Jurnal SEMIOTIKA, vol 21(2), hal 103-113

Febiliana, V., 2022, Deiksis Persona dalam Film Hari Yang Dijanjikan Karya Dani Rachman Produksi Klik Film Productions (Kajian Pragmatik), Skripsi, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto.

Kurniawati, 2020, Jenis dan Fungsi Deiksis Persona dalam Komik Keluarga Super Irit 1: Perjuangan Keluar dari Kemiskinan, Skripsi, Fakultas Sastra, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta

Levinson, Stephen C., 1983, Pragmatics, Cambridge University Press, Cambridge, Inggris.

Nababan, P.W.J, 1987, Ilmu Pragmatik (Teori dan Penerapannya), Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Jakarta

Narayukti, NND, 2020. Analisis Dialog Percakapan Pada Cerpen Kuda Putih Dengan Judul “Surat Dari Puri” Sebuah Kajian Pragmatik Deiksis. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, vol 9(2), hal 86-94

Purwo, B. K., 1984. Deiksis dalam Bahasa Indonesia, PN Balai Pustaka, Jakarta

Purwo, B. K., 1990. Pragmatik dan Pengajaran Bahasa, KANISIUS, Yogyakarta

Rahardi, R. K., 2019, Pragmatik Konteks Intralinguistik dan Konteks Ekstralinguistik,Amara Books, Yogyakarta

Revalino, S., dan Amir, 2014, Analisis Deiksis Persona dan Peran Semantis dalam Kumpulan Cerpen Klop Karya Putu Wijaya, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, vol 3(4), hal 1-16

Siregar, Nurfitriana, 2022, Deiksis Persona dalam Film Ayla The Daughter Of War: Analisis Pragmatik, Skripsi, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sumatera Utara.

Sudaryanto, 1993, Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa, Duta Wacana University Press, Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v12i2.46419

Article Metrics

Abstract view : 273 times
PDF - 196 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Avifa Trizki Adeira

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.