Pengembangan Strategi ELIKSIR pada Pembelajaran Menyajikan Gagasan dalam Teks Diskusi untuk Siswa Kelas IX SMP

Nudiyalista Khusna, Didin Widyartono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan strategi ELIKSIR pada pembelajaran teks diskusi di kelas IX SMP dengan media padlet. Model yang digunakan pada penelitian ini adalah ADDIE dengan lima tahapan. Pertama analisis, mencari informasi mengenai isu pembelajaran bahasa Indonesia untuk menentukan masalah dan solusi yang tepat. Kedua, merancang produk. Ketiga, pengembangan produk perangkat pembelajaran. Keempat, implementasi dengan melaksanakan uji validasi oleh ahli pembelajaran bahasa Indonesia, validasi oleh praktisi serta melalui uji coba dari siswa. Kelima evaluasi hasil uji dan melakukan revisi untuk mendapatkan hasil akhir. Hasil akhir dari penelitian ini berupa produk perangkat pembelajaran dengan strategi ELIKSIR yang difokuskan untuk kompetensi menyajikan gagasan pendapat, argumen yang mendukung dan kontra serta solusi atas permasalahan aktual dalam teks diskusi. Strategi ini didasarkan pada tiga teori utama yakni teori personal, investigasi dan teori diskusi. Berdasarkan teori tersebut, sintaks pembelajaran dengan strategi ELIKSIR yakni eksplorasi umum, eksplorasi individu, silang pikiran dan penyajian hasil. Berdasarkan hasil uji validasi dan uji coba lapangan untuk siswa, produk dikatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran teks diskusi.

 


Full Text:

PDF

References


Asrori, M. (2016). Pengertian, Tujuan Dan Ruang Lingkup Strategi Pembelajaran. MADRASAH, 6(2), 26. https://doi.org/10.18860/jt.v6i2.3301

Aziz, M., Nurulazam, A., Samsudin, M., & Saleh, S. (2014). The Effects of Problem Based Learning on Self Directed Learning Skills among Physics Undergraduate. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, 3, 126. https://doi.org/10.6007/IJARPED/v3-i1/694

Azizah, E., & Ence, S. (2015). RUMPUN Model Pembelajaran Personal. Https://Www.Academia.Edu/12145744/Rumpun_Model_Pembelajaran_Personal

Beltrán-Martín, I. (2019). Using Padlet for collaborative learning. 5th International Conference on Higher Education Advances (HEAd’19), 1–8. https://doi.org/10.4995/HEAD19.2019.9188

Branson, Robert, K., Rayner, T, G., Cox, J. L., Furman, F., John, P., & King, F. J. (1975, Desember 31). Interservice Procedures for Instructional Systems Development. Executive Summary and Model. https://apps.dtic.mil/sti/citations/ADA019486

Dari, A. W., Chandra, D. E., & Sugiyati, M. S. (2017). Analisis Kesantunan Berbahasa Pada Kegiatan Pembelajaran Kelas VIII E SMPN 2 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah KORPUS, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.33369/jik.v1i1.3122

Della, I. B., Haryanto, T., Khakim, A., Nurhidayati, T., Marpaung, T. I., & Asima Rohana Sinaga, Muhammad Nashir, Roudlotun Nurul Laili, Yektiningtyastuti, Sulaiman, Suprapno, Tri Rahayu, Paulus Eko Kristianto, Rhaptyalyani Herno. (2022). STRATEGI PEMBELAJARAN. CV Literasi Nusantara Abadi.

Ekayani, P. (2017). Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa.

KEMENDIKBUD, N., P. 37. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2018... Tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. JDIH Kemendikbud. https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/Permendikbud%20Nomor%2037%20Tahun%202018.pdf

Khansa, H. Q. (2016). STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 1(2), Article 2. http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/23

Manusakerti, H., Safii, Moh., & Widyartono, D. (2022). Pengembangan Aplikasi Pengelola Referensi Skripsi Mahasiswa Universitas Negeri Malang berbasis Personal Information Management. Tik Ilmeu : Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 6(1), 33. https://doi.org/10.29240/tik.v6i1.3474

Mufaridah, F., Hima, R., Kuntadirga, B. A., & Arillia, S. N. (2022). Media Padlet Sebagai Teknologi Pedagogik: Persepsi Guru dan Pemanfaatnnya pada Pembelajaran: Jurnal Nauli, 1(3), Article 3. https://doi.org/10.1234/jurnal

Ningsih, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII MTsN Kabupaten Kerinci. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.118

Reykhani, P. S., Kosasih, E., & Harras, K. A. (2019). Teks Diskusi Sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia di SMP Negeri 3 Majalengka. Metabahasa: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), Article 2.

Sanuhung, F., Salsabila, U. H., Wahab, J. A., Amalia, M., & Rimadhani, M. I. (2022). Pengunaan Aplikasi Padlet Sebagai Media Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Teknologi Pendidikan (Studi Kasus Universitas Ahmad Dahlan). Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.32529/glasser.v6i1.1352

Siringoringo, M. S., & Hanum, I. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Nainggolan. Basastra, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.24114/bss.v9i2.19688

Suryosubroto. (2001). Model-model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Tahmida, N. S., & Widyartono, D. (2023). Problematika Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia Era Pandemi Berdasarkan Perspektif Guru SMP Se-Kota Malang. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 8(1), 37–41. https://doi.org/10.26737/jp-bsi.v8i1.2706

Trianto, A., Harsiati, T., & Kosasih, E. (2018). Bahasa Indonesia Kelas IX (2018 ed.). Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balibang, Kemendikbud.

Ulfana, A. (2023). Pengembangan strategi pembelajaran berbasis masalah untuk kompetensi menulis dan menyunting teks eksposisi SMA/SMK / Arun Ulfana. SKRIPSI Mahasiswa UM, 0(0), Article 0. http://mulok.library.um.ac.id/index3.php/76711.html

Widyartono, D. (2021). Academic Writing Learning Model in Higher Education Based on Hybrid Learning. Journal of Physics: Conference Series, 1779, 012047. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1779/1/012047

Zabadi, F., & Sutejo. (2014). Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.




DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v12i2.47621

Article Metrics

Abstract view : 237 times
PDF - 116 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nudiyalista Khusna, Didin Widyartono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.