Makna Leksikal pada Tembang Sasak Pembayunan di Desa Sakra Selatan Lombok Timur

Lalu Purnama Zulkarnaen, Lalu Aswandi Maharoni G, Fanny Frinti Ardi

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan makna leksikal pada tembang Sasak pembayunan yang digunakan pada acara adat sorong serah aji krama di Desa Sakra Selatan, Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini latarbelakangi oleh urgensi memahami bahasa yang digunakan dalam tradisi ini mengingat pesan yang disampaikan sarat dengan nilai-nilai moral dan sopan santun. Selain itu, pemahaman terhadap bahasa ini penting sebagai sarana mempertahankan bahasa Sasak sebagai salah satu kearifan lokal masyarakat Sasak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dalam penelitianini dikumpulkan dengan teknikdokumentasi pada berkas, dokumen dan gambar yang berkaitan laludiklasifikasikanmenurutjenisnya. Selain itu, pengumpulan data juga dilakukan dengan teknik catat untuk memudahkan dalam menganalisisbahasa pembayunanberdasarkansemantikleksikal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat berbagaijenisragambahasapembayunan  yangdigunakanolehkelompokpembayunandiDesa Sakra Selatan, KabupatenLombokTimur. Ragam bahasa ini cenderung tidak dipahami oleh masyarakat luas karena menggunakan bahasa Sasak laras tinggi sehingga perlu dikaji dan dimaknai sehingga pesannya sampai pada masyarakat luas.

Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan Nasional, “Kamus Besar Bahasa Indonesia” Edisi Ke Empat, Jakarta, Departemen Pendidikan Nasional, 2007.

Guntur. “Ornamen” Sebuah Pengantar, Surakarta, Penerbit P2AI STSI Surakarta dengan STSI Pres Surakarta, 2004.

Irdayanti, “Peran Pemerintah dalam Pengembangan UKM Berorientasi Ekspor”, dalam Jurnal Transnasional Vol. 3 No. 2 Februari 2012, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau.

Kartika, Dharsono Sony. “Seni Rupa Modern” Bandung, Rekayasa Sains, 2004

Kusmadi, “Seni Kriya Dalam Kehidupan Manusia” dalam Jurnal Kriya Seni ORNAMEN, Volume 7, No. 1, Januari 2010, ISI Surakarta.

Sumohardjo, Jakob. “Filsafat Seni” Bandung Penerbit ITB, 2000 Sairi, Sjafrin. “Perubahan Sosial Masyarakat Indonesia Persfektif Antropologi”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2002.




DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v12i3.53725

Article Metrics

Abstract view : 53 times
PDF - 41 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Lalu Purnama Zulkarnaen, Lalu Aswandi Maharoni G, Fanny Frinti Ardi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.