KECEMASAN TOKOH NISKALA DALAM FILM KU KIRA KAU RUMAH KAJIAN PSIKOANALISIS

Erisa Faridatul Maghfiroh, Renalita Adesyah Putri Darmadi, Yeppi Apriliany, Abdillah Nugroho

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan karakteristik dan   kecemasan tokoh Niskala dalam film Ku Kira Kau Rumah menggunakan kajian psikoanalisis. Metode penelitian kualitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Menggunakan dua teknik penelitian. Teknik studi kepustakaan yang dilakukan dengan mengintegrasikan referensi yang memiliki fokus sebagai landasan teori yang digunakan. Teori yang digunakan berupa dari seorang pakar bernama Sigmund Freud. Psikoanalisis berangkat dari sebuah ilmu guna menelisik tujuan sebuah sikap psikologis dari manusia. Teknik observasi dengan menganalisis film Kukira Kau Rumah yang dilakukan secara berulang-ulang yang diiringi dengan group discussion guna mendapatkan berbagai perspektif berbagai sudut. Dari data yang telah dikaji terhimpun sepuluh data yang dimana dapat disimpulkan, karakteristik tokoh  Niskala yaitu, bipolar, ramah, introvert, dan koleris. Para pemeran pendukung turut menonjolkan tokoh Niskala dengan sifat dan sisi kecemasan yang dimilikinya. Atau dapat dikatakan sutradara mengemas film dengan apik hingga rasa sampai kepada pononton atau penikmat film. Kecemasan tokoh Niskala dalam film tersebut terdapat, kecemasan realistik, kecemasan neurotik, dan kecemasan moral.


Full Text:

PDF

References


Endraswara, Suwardi. 2008. Metode Penelitian Psikologi Sastra. Yogyakarta: FBS Universitas Negeri Yogyakarta

Freud, Sigmund. 2021. A General Introduction To Psychoanalysis: Pengantar Umum Psikoanalisis (Terj.). Yogyakarta: Penerbit Indoliterasi

INDAH, Y. (2019). Kajian Psikoanalisis Sigmund Freud Tokoh Ci Surya dalam Film Selamat Pagi, Malam. Skripsi. Universitas Negeri Jember.

Salsabila, P. Z., Pratikto, H., & Aristawati, A. R. (2023). Kecemasan pada pengguna media sosial Twitter: Benarkah menyebabkan self-injury?. INNER: Journal of Psychological Research, 3(1), 117-127.

https://aksiologi.org/index.php/inner/article/view/860

Syawal, H., & Helaluddin, H. (2018). Psikoanalisis Sigmund Freud Dan Implikasinya Dalam Pendidikan. Banten. Uin Sultan Maulana Hasanuddin.

Wellek, Rene dan Warren Austin. 2014. Teori Kesusastraan. Jakarta: Gramedia.

Wijayanti, M., Tajuddin, S., & Anwar, M. (2020, October). Tindak Tutur Representatif Dalam Antologi Naskah Drama Sarapan Terakhir. In Prosiding Seminar Dan Diskusi Pendidikan Dasar.

Yudhantara, D., Istiqomah, R., Putri, W., Ulya, Z., & Putri, R. Gangguan Bipolar: Ajar untuk Mahasiswa Kedokteran. UB Press.




DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v13i1.58435

Article Metrics

Abstract view : 107 times
PDF - 86 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Erisa Faridatul Maghfiroh, Renalita Adesyah Putri Darmadi, Renalita Adesyah Putri Darmadi, Yeppi Apriliany, Yeppi Apriliany, Abdillah Nugroho, Abdillah Nugroho

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.