PEMILIHAN KOMPOSISI IKLAN UNTUK MENGUATKAN PESAN BAHASA PADA IKLAN SUNSCREEN WAJAH DI INSTAGRAM
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengalisis pemilihan komposisi iklan untuk menguatkan pesan bahasa pada iklan sunscreen wajah di Instagram. Pendekatan yang digunakan yakni kualitatif dengan metode deskriptif dan data yang diteliti berupa kata, frasa, dan kalimat lisan. Sumber data dalam penelitian ini adalah berupa cuplikan video iklan dari media sosial Instagram yang berisi iklan sunscreen dari beberapa produk. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara, yakni pertama teknik dokumentasi dengan mengunduh iklan dalam bentuk cuplikan video dari produk sunscreen di Instagram dan melakukan screenshoot produk. Kedua adalah teknik simak dan catat yang dilakukan dengan cara menyimak hasil rekaman dan mencatat perbedaan antar produk, kemudian dianalisis mengenai komposisi iklan yang digunakan. Analisis data dilakukan dengan beberapa cara, yaitu: 1) Reduksi Data, 2) Display Data, 3) Menarik simpulan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dari beberapa iklan sunscreen yang dianalisis ternyata ditemukan penggunaan struktur komposisi iklan yang cukup lengkap dan memenuhi untuk menguatkan pesan bahasa pada prodak yang diiklankannya mulai dari adanya struktur butir utama, badan iklan, dan penutup iklan. Iklan yang baik sebaiknya memiliki struktur komposisi iklan yang lengkap agar dapat meguatkan pesan bahasa bagi para calon konsumen serta dapat memengaruhi calon konsumen untuk membeli prodak yang diiklankan.
Kata kunci: Komposisi Iklan, Pesan Bahasa, Sunscreen, Instagram
Abstract
The aim of this research is to analyze the choice of advertising composition to strengthen the language message in facial sunscreen advertisements on Instagram. The approach used is qualitative with descriptive methods and the data studied is in the form of words, phrases and spoken sentences. The data source in this research is video advertising footage from Instagram social media which contains sunscreen advertisements for several products. The data collection technique was carried out in three ways, namely the first was a documentation technique by downloading advertisements in the form of video footage of sunscreen products on Instagram and taking product screenshots. The second is the listen and note technique which is done by listening to the recordings and noting the differences between products, then analyzing the composition of the advertisements used. Data analysis is carried out in several ways, namely: 1) Data Reduction, 2) Data Display, 3) Drawing conclusions. Based on the research results, it can be concluded that from several sunscreen advertisements that were analyzed, it was found that the composition structure of the advertisement was used which was quite complete and adequate to strengthen the language message of the product being advertised, starting from the structure of the main points, the body of the advertisement, and the closing of the advertisement. A good advertisement should have a complete advertising composition structure so that it can strengthen the language message for potential consumers and can influence potential consumers to buy the advertised product.
Keywords: Ad Composition, Language Message, Sunscreen, Instagram
Full Text:
PDFReferences
Ade Karmila, T. (2023). Pembangunan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Sunscreen Sesuai Jenis Kulit Wajah Menggunakan Metode Profile Matching (Studi Kasus Miss Glam Kota Padang). Universitas Andalas.
Agustini, R., Andini, S., & Hidayat, T. (n.d.). No TitlANALISIS KESALAHAN BERBAHASA DALAM IKLAN PRODUK PANDAI BESI. n.d.
Debra Ruth, D. A. C. (n.d.). Pengaruh Motif Penggunaan Media Baru Tiktok terhadap Personal Branding Generasi Milenial di Instagram Pengaruh Motif Penggunaan Media Baru Tiktok terhadap Personal Branding Generasi Milenial di Instagram.
FATIA MAULINA. (2018). PENGGUNAAN BAHASA PERSUASI PADA IKLAN KOMERSIAL DI TELEVISI SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP [UNIVERSITAS LAMPUNG]. chrome-extension://efaidnbmnnnibpcajpcglclefindmkaj/https://digilib.unila.ac.id/32906/3/SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf
Hapsari, E. D. (2022). Analisis gaya bahasa iklan pada karya infografis mahasiswa teknik informatika. Jurnal Sinestesia, 12(1), 124–135. https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/157%0Afile:///C:/Users/WINDOWS 10/Downloads/Documents/157-Article Text-224-1-10-20220804.pdf
Hidayat, M. A. M. (2023). Pengaruh iklan dan strategi pemasaran terhadap minat beli konsumen. Maliki Interdisciplinary Journal (MIJ), 1(3), 98–105. http://urj.uin-malang.ac.id/index.php/mij/article/view/4394/1480
Hidayat, T. (2020). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Promosi, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian rumah makan Koki Jody di Magelang. Jurnal Ilmu Manajemem, 17(2), 95–105.
Kuspriyono, T. (2018). Pengaruh iklan terhadap keputusan pembelian apartemen Meikarta. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 18(1), 59–66.
Liantika, D. A., Kusumaningsih, D., & Wahyu Dini Septiari. (2023). Stategi Pemilihan Komposisi Iklan Untuk Menguatkan Pesan Bahasa Pada Iklan Skincare Di Tiktok. Aksara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1), 50. https://doi.org/10.33087/aksara.v7i1.492
Luh Eka Candra Yulika, N., Wayan Budiarta, I., & Gusti Ayu Agung Dian Susanthi, I. (2022). Analisis makna, pesan, dan retorika dalam iklan Kitabisa.com (Analysis of meaning, message, and rhetoric in Kitabisa.com advertisements). 2(8).
Luisa, A., Nurul, A., Rangkuty, O., Zira, K., & Siregar, M. W. (2024). ANALISIS WACANA PERSUASIF IKLAN PRODUK KECANTIKAN LIPSTIK PADA MEDIA YOUTUBE EDISI PRODUK BEST SELLERNo Title. In Jurnal Multidisiplin Ilmu Bahasa, 2.
M. ANSHARI SIBUEA. (2017). PENGARUH IKLAN DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK NIVEA DI KELURAHAN BABURA KECAMATAN MEDAN SUNGGAL MEDAN [UNIVERSITAS MEDAN AREA]. chrome-extension://efaidnbmnnnibpcajpcglclefindmkaj/https://repositori.uma.ac.id/jspui/bitstream/123456789/8624/1/138320021_FILE.pdf
Pertiwi, S. N., Pardian, P., Trimo, L., & Sadeli, A. H. (2021). Efektivitas Iklan Pada Media Sosial Instagram Kojama Shop Dengan Pendekatan Aida Model. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 7(1), 299. https://doi.org/10.25157/ma.v7i1.4527
Shiratina, A., Indika, D. R., Komariyah, I., Kania, D., Solihin, E. H., Kunci, K., Online, I., Online, P., Minat, D., & Konsumen, B. (2020). Pemasaran Online Melalui Penerapan Iklan Secara Digital. Jurnal Sain Manajemen, 2(1), 2685–6972. http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jsm/index
SITI UMI NUR AISAH. (2020). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINEDI SHOPEE DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM [UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG]. chrome-extension://efaidnbmnnnibpcajpcglclefindmkaj/http://repository.radenintan.ac.id/13312/1/BAB 1,2 DAPUS.pdf
Widiastuti W. (2024). An Analysis of Language Style Used in Skincare Product Advertisement on Youtube, Innovative. Journal of Social Science Research, 4(1), 6776–6785. http://doi.org/10.31004/innovative.v4il.8655
Zulfikar, A., & Subarsa, K. Y. (2019). Pengaruh Iklan dan Promosi Penjualan di Televisi Terhadap Brand Awareness Bukalapak pada Pengunjung Kota Kasablanka. Inter Komunika, 4(1), 17–26.
DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v13i2.59321
Article Metrics
Abstract view : 93 timesPDF - 62 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 dita kumala sari, muhammad akmal saputra, muhammad akmal saputra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.