EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN MEMPRODUKSI TEKS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 9 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/ 2017
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) untuk melihat kemampuan memproduksi teks deskripsi.Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VII terdiri dari 231 siswa dengan desain penelitian two grup post- testdesign. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 78 orang yaitu 39 orang siswa kelas eksperimen (variabel X) dan 39 orang siswa kelas kontrol (variabel Y ). Berdasarkan hasil pengolahan data yang didapat, variabel X memperoleh rata-rata sebesar 78,20 dan standar deviasi sebesar 9,43, sedangkan variabel Y memperoleh rata-rata sebesar 71,53 dan standar deviasi 9,61. Berdasarkan uji normalitas data variabel eksperimen diperoleh yaitu 0,018 0,886 maka dapat dinyatakan bahwa data variabel X berdistribusi normal. Sedangkan uji normalitas pada variabel kontrol diperoleh yaitu 0,012 0,886 hal ini menunjukan bahwa data variabel Y berdistribusi normal. Kemudian berdasarkan uji homogenitas variabel penelitian ini diperoleh < pada taraf signifikan = 0,05 yaitu 1,01 < 1,67, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sampel homogen. Karena yang diperoleh lebih besar dari yaitu 3,059 > 1,658, maka hal ini menunjukan bahwa hipotesis nihil ( ) ditolak dan hipotesis alternatif ( ) diterima. Berdasarkan analisis data diatas maka dapat disimpulkan bahawa model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) lebih efektif dibandingkan model pembelajaran inkuiri terhadap peningkatan kemampuan memproduksi teks deskripsi pada siswa kelas VII SMP Negeri 9 Medan Tahun Ajaran 2016/2017.
Kata Kunci : efektivitas, model pembelajaran berbasis masalah, memproduksi teks, deskripsi.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/bss.v6i2.6380
Article Metrics
Abstract view : 449 timesPDF - 390 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 1970 Dina Yesica, Dra. Rosmaini,M.Pd.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.