KEMAMPUAN MENGONSTRUKSI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 7 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Sri Juliana Larosa, Fitriani Lubis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan mengonstruksi teks laporan hasil observasi oleh siswa kelas X  SMA Negeri 7 Medan tahun pembelajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 7 Medan tahun pembelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 8 kelas dan berjumlah 309 orang. Sampel penelitian ini diambil dengan cara random sampling. Sampel penelitian diambil 20% dari populasi sehingga sampel penelitian ini adalah 62 orang siswa.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan suatu keadaan alamiah mengenai kegiatan mengonstruksi teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA Negeri 7 Medan. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data adalah tes essay. Data penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam mengonstruksi teks laporan hasil observasi memiliki nilai rata-rata (mean) 78,87 dan berada pada kategori baik. Hal ini dapat dilihat dari rentang nilai 86-100 dengan kategori sangat baik diperoleh sebanyak 15 orang (24,19%), rentang nilai 76-85 dengan kategori baik diperoleh sebanyak 24 orang (38.71%), rentang nilai 56-75 dengan kategori cukup diperoleh sebanyak 20 orang (32,25%), rentang nilai 10-55 dengan kategori kurang diperoleh sebanyak 3 orang (4,83%). Berdasarkan analisis data diatas maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan mengonstruksi teks laporan hasil observasi pada siswa kelas X SMA Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017 termasuk dalam kategori baik.

 

Kata kunci: kemampuan, mengonstruksi, teks laporan hasil observasi

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v6i2.6382

Article Metrics

Abstract view : 2788 times
PDF - 2047 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Sri Juliana Larosa, Fitriani Lubis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.