EFEKTIVITAS PENGGUNAAN KONTEN DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BAHASA PRODUKTIF MAHASISWA

Authors

  • Mustika Wati Siregar Universitas Negeri Medan
  • Tri Indah Prasasti

Abstract

Transformasi teknologi digital menghasilkan implikasi penting dalam pendidikan, terutama pada pembelajaran keterampilan bahasa produktif yang mengharuskan mahasiswa mampu berkomunikasi secara lancar, kreatif, dan akurat. Namun, proses pembelajaran masih dominan menggunakan metode ceramah dan belum mengoptimalkan pemanfaatan media digital. Penelitian ini dirancang untuk menguji peran konten digital terhadap peningkatan keterampilan berbahasa produktif mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Kelompok eksperimen mendapatkan perlakuan melalui penggunaan konten digital, sedangkan kelompok kontrol belajar dengan metode ceramah. Data diperoleh dari hasil tes keterampilan bahasa produktif mahasiswa dan diolah melalui analisis statistik untuk melihat variasi capaian kedua kelompok. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa kelompok eksperimen memperoleh peningkatan dalam hal kefasihan, kreativitas, dan akurasi berbahasa dibandingkan kelompok kontrol. Data penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan konten digital dapat dijadikan strategi efektif yang sesuai dengan profil generasi digital sekaligus memperkuat implementasi Outcome-Based Education. Integrasi media digital dalam pengajaran keterampilan bahasa produktif berperan penting tidak hanya dalam memperkuat kompetensi mahasiswa, tetapi juga dalam membina mahasiswa serta menjawab tuntutan komunikasi akademik dan profesional di era global. Kata kunci: Efektivitas; Konten Digital; Bahasa Produktif  

References

Abad-Castro, R. I., Martínez-García, C., & Suárez-Coalla, P. (2025). Impact of digital tools for the development of written expression in German as a foreign language in young Spanish speaking adults. Reading and Writing. https://doi.org/10.1007/s11145-025-10692-2

Alakrash, H. M., & Abdul Razak, N. (2021). Technology-Based Language Learning: Investigation of Digital Technology and Digital Literacy. Sustainability, 13(21), 12304. https://doi.org/10.3390/su132112304

Golkova, D., & Hubackova, S. (2014). Productive Skills in Second Language Learning. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 143, 477–481. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.07.520

Heine, S., Krepf, M., & König, J. (2023). Digital resources as an aspect of teacher professional digital competence: One term, different definitions – a systematic review. Education and Information Technologies, 28(4), 3711–3738. https://doi.org/10.1007/s10639-022-11321-z

Hojeij, Z., & Ayber, P. O. (2022). Effectiveness of Using Digital Feedback on EFL Student Writing Skills. International Journal of Computer-Assisted Language Learning and Teaching (IJCALLT), 12(1), 1–18. https://doi.org/10.4018/IJCALLT.291111

Khlebnikova, M., & Dolinina, I. (2020). Digital Educational Resources in the Professional Activities of Educators. In Z. Anikina (Ed.), Integrating Engineering Education and Humanities for Global Intercultural Perspectives (pp. 727–736). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-47415-7_77

Maharani, H. R., Ubaidah, N., Basir, M. A., Wijayanti, D., Kusmaryono, I., & Aminudin, M. (2022). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Komik Digital dengan Canva for Education. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 760–768. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i3.10084

Mahmawati, D., Setiawan, A. P., & Mubayyinah, S. (2025). The Use of Digital Media to Improve Students’ Speaking Skills. Mastery: Master of English Language Journal, 3(1), 284–291.

Mayer, R. E. (n.d.). Multimedia Learning.

Ribeiro, S. (n.d.). Digital Storytelling: An Integrated Approach To Language Learning For The 21st Century Student.

Salih, A. A., & Omar, L. I. (2024). Enhancing EFL learners’ engagement in situational language skills through clustered digital materials. Frontiers in Education, 9. https://doi.org/10.3389/feduc.2024.1439104

Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan: (Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Alfabeta.

Wahyuni, S., & Dewi, D. S. (2024). Impact of Video Podcasts on Speaking Proficiency in Indonesian Higher Education: A Study of Diverse Learning Styles. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 16(3), 3041–3053. https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i3.5735

Warschauer, M., & Healey, D. (1998). Computers and language learning: An overview. Language Teaching, 31(2), 57–71. https://doi.org/10.1017/S0261444800012970

Wuriyani, E. P., Siregar, M. W., & Prasasti, T. I. (2024). Keterampilan Bahasa Produktif. CV. Gita Lentera.

Downloads

Published

2025-10-11

How to Cite

Siregar, M. W., & Tri Indah Prasasti. (2025). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN KONTEN DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BAHASA PRODUKTIF MAHASISWA. BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA, 14(1), 61–73. Retrieved from https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/basastra/article/view/69336