HUBUNGAN KEMAMPUAN MEMBEDAKAN PARAGRAF DEDUKTIF DAN PARAGRAF INDUKTIF DENGAN KEMAMPUAN MENULIS BERITA SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Nirmala Sari Siregar, Fitriani Lubis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Kemampuan Membedakan Paragraf Deduktif dan Paragraf Induktif dengan Kemampuan Menulis Berita oleh siswa kelas X  Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Medan tahun pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan sumber data adalah tes pilihan ganda sebanyak 20 soal dan tes esai. Populasi penelitian ini berjumlah 51 siswa. Dalam penelitian ini, populasi terdiri dari 2 kelas. Untuk menentukan sampel, peneliti menggunakan teknik sampel populasi dengan menggunakan  seluruh jumlah populasi untuk dijadikan sampel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasional bertujuan untuk menemukan ada tidaknya hubungan dan apabila ada, berapa eratnya hubungan serta berarti atau tidaknya hubungan itu”. Jadi, analisis korelasional yang digunakan dalam pengolahan data dalam penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara dua variabel, hubungan kemampuan membedakan paragraf deduktif dan paragraf induktif dengan  kemampuan menulis berita. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam membedakan paragraf deduktif dan paragraf induktif termasuk kategori baik dengan nilai rata-rata 64,75, sedangkan kemampuan siswa dalam menulis berita termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 68,3. Selanjutnya Sesuai dengan kriteria pengujian dengan uji ‘r’ maka hubungan variabel X dengan Y pada penelitian ini merupakan korelasi yang signifikan, sehingga semakin baik kemampuan membedakan paragraf deduktif dan paragraf induktif oleh siswa maka semakin baik pula kemampuan siswa kelas X Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Medan tahun pembelajaran 2016/2017 dalam menulis berita.

Kata Kunci : Paragraf Deduktif, Paragraf Induktif, Menulis Berita


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v6i3.7817

Refbacks

  • There are currently no refbacks.