PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KUANTUM DALAM MENGIDENTIFIKASI UNSUR INTRINSIK CERPEN OLEH SISWA KELAS X SMA GBKP KABANJAHE TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

MELISA SITOMPUL

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih jelas pengaruh penggunaan metode pembelajaran kuantum dalam meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik cerpen.  Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA GBKP Kabanjahe dengan jumlah  123 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 50 siswa, 25 siswa kelas kontrol dan 25 siswa kelas eksperimen. Teknik yang digunakan untuk mendapatkan sampel adalah teknik probability sampling. Untuk mendapatkan sampel yang homogen beberapa pengontrolan akan dilakukan. Pengontrolan pertama dilakukan untuk menjaring sampel yang homogen. Dalam hal ini seluruh populasi akan diberikan pretest yakni mengidentifikasi unsur intrinsik cerpen sederhana. Siswa dengan skor 70-ke atas akan dijadikan sampel. Dari sampel yang homogen ini secara random diambil sebanyak 50 orang menjadi sampel penelitian. Selanjutnya secara random sampel sebanyak 50 orang untuk selanjutnya dibagi menjadi dua kelompok, untuk mendapatkan mana kelompok sampel eksperimen dan mana kelompok sampel kontrol. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah penugasan dengan tes objektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen.

Kata Kunci: - Pengaruh  - Metode Kuantum - Mengidentifikasi - Unsur Intrinsik Cerpen


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v2i1.795

Article Metrics

Abstract view : 179 times
PDF - 149 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2013 MELISA SITOMPUL

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.