PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS OLEH SISWA KELAS X SMA SWASTA YASPENDA PULAU RAKYAT TAHUN PEMBELAJARAN 2012/ 2013

MURNI Harahap

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh penggunaan model pembelajaran concept sentence terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMA Swasta YASPENDA Pulau Rakyat Tahun Pembelajaran 2012/2013. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas X SMA Swasta YASPENDA Tahun Pembelajaran 2012/2013 yang berjumlah 140 orang, sementara sampel penelitian yang diambil secara acak (random sampling) adalah 35 orang.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan model desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design yang hanya dilaksanakan pada satu kelas (kelompok) saja. Di dalam desain ini pengukuran dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum eksperimen dan sesudah eksperimen. Pengukuran yang dilakukan sebelum eksperimen disebut pre-test dan pengukuran sesudah eksperimen disebut post-test. Dari distribusi data yang diperoleh, diketahui bahwa X memiliki rata-rata 65,29 dengan standar deviasi sebesar 8,19, sementara Y memiliki rata-rata 79,00 dengan standar deviasi sebesar 8,52.

Berdasarkan perhitungan uji normalitas, deketahui bahwa pada X diperoleh harga L0 (Lhitung) = 0,1170 dan Lt (Ltabel) = 0,1497. Ternyata Lhitung < Ltabel yaitu 0,1170 < 0,1497. Hal ini membuktikan bahwa data hasil pembelajaran menulis puisi tanpa menggunakan model pembelajaran concept sentence berdistribusi normal. Pada Y diperoleh harga L0 (Lhitung) = 0,1450 dan Lt (Ltabel) = 0,1497. Ternyata Lhitung < Ltabel yaitu 0,1450 < 0,1497. Hal ini membuktikan bahwa data hasil pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan model pembelajaran concept sentence berdistribusi normal.Hasil perhitungan uji homogenitas varians kedua kelompok sampel yang diteliti diperoleh X2hitung = 1,08 dan X2tabel = 1,76. Harga X2hitung < X2tabel yaitu 1,17 < 1,84. Hal ini membuktikan bahwa variansi populasi adalah homogen.

Hasil perhitungan uji t diperoleh to lebih besar daripada ttabel yaitu 2,032 > 2,726 pada taraf signifikansi 5% maupun 1%. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis penelitian, yakni “Kemampuan menulis puisi siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran concept sentence lebih baik daripada kemampuan menulis puisi siswa yang diajar tanpa menggunakan model pembelajaran concept sentence” diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran concept sentence terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMA Swasta YASPENDA Pulau Rakyat Tahun Pembelajaran 2012/2013.

 

Keywords: model concept sentence, menulis puisi


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v2i1.796

Article Metrics

Abstract view : 313 times
PDF - 219 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2013 MURNI Harahap

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.