Pengaruh Model Pembelajaran The Learning Cell (Sel Belajar) terhadap Kemampuan Menemukan Gagasan Utama dalam Artikel oleh Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tanjungbalai Tahun Pembelajaran 2012/2013

Rini Artika

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran The Learning Cell (Sel Belajar) terhadap Kemampuan Menemukan Gagasan Utama dalam Artikel oleh Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tanjungbalai Tahun Pembelajaran 2012/2013. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tanjngbalai, yang berjumlah 319 orang dan yang menjadi sampel penelitian sebanyak 64 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara menentukan dua kelas yang dijadikan wakil populasi untuk diteliti. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan model desain penelitian Post Test Only desaign group yang dilakukan sebanyak dua kelas. Di dalam desain ini pengukuran dilakukan sebanyak dua kali yaitu di kelas kontrol dengan model pembelajaran ekspositori dan di kelas eksperimen dengan model pembelajaran the learning cell (sel belajar) .

 

Kata Kunci: Pengaruh–Sel Belajar- ekspositori–Membaca-artikel


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v2i2.800

Article Metrics

Abstract view : 410 times
PDF - 1350 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2013 Rini Artika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.