KEMAMPUAN MENULIS TEKS ULASAN BERDASARKAN FILM PENDEK “RINDU IBU“ SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Fara Diba Mardiah, Wisman Hadi

Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang hasil kemampuan menulis teks ulasan berdasarkan film pendek “rindu ibu” oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan sumber data yaitu sebanyak 40 siswa dengan Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif. Instrumen digunakan adalah tes uraian (essay). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks ulasan berdasarkan film pendek “rindu ibu” siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Medan tergolong kedalam kategori baik yang didasarkan dari kriteria penilaian yaitu Kemampuan menentukan orientasi menulis teks ulasan memperoleh skor (23,25) kategori sangat baik. Kemampuan menentukan tafsiran menulis teks ulasan memperoleh skor (19,875) kategori baik. Kemampuan menentukan evaluasi menulis teks ulasan memperoleh skor (13,875) kategori cukup. Kemampuan menentukan rangkuman menulis teks ulasan memperoleh skor (18,5) kategori cukup. Berdasarkan tabel distribusi presentase nilai kemampuan menulis teks ulasan menunjukkan pada kategori sangat baik (20%), kategori baik (45%), kategori cukup (22,5%), kategori kurang (12,5%). Melalui penelitian ini harapannya guru bahasa Indonesia dapat mengetahui kemampuan siswa terkhusus dalam menulis teks ulasan. Setelah mengetahui kemampuan siswa maka guru dapat lebih meningkatkan efektivitas pembelajaran menulis teks ulasan.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v7i1.9321

Article Metrics

Abstract view : 327 times
PDF - 502 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Fara Diba Mardiah, Wisman Hadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.