ANALISIS PENERAPAN MODEL KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 LABUHAN DELITAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

Marta Diana Br Pa Br Pa, Mutsyhito Solin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan langkah-langkah konstruktivisme, inquiri, questioning, learning community, modeling, reflection, dan authenticassessment dalam pembelajaran menulis teks deskripsi siswa SMP Negeri 1 Labuhan Deli Tahun Pembelajaran 2017/2018 dan untuk mengetahui kemampuan menulis teks deskripsi siswa SMP Negeri 1 Labuhan Deli dengan menggunakan model kontekstual.Sumber data dalama penelitian ini adalah rekaman dokumentasi penerapan kontekstual yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Labuhan Deli.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif.Instrument yang digunakan adalah peneliti sendiri (human instrument). Analisis data yang dilakukan peneliti dengan cara menganalisis penerapan langkah-langkah yang terdapat didalam model kontekstual yang telah diterapkan oleh guru dalam pembelajaran menulis teks deskripsi siswa. Hasil analisis peneliti menunjukkan bahwa guru melakukan enam belas langkah dari tujuh belas langkah yang terapat dalam model kontekstual dengan nilai presentasi 94% dan nilai siwa dalam menulis teks deskripsi berdasarkan struktur dan ciri kebahasaan mencapai 79,93 yang tergolong kedalam katagori baik.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v7i1.9322

Article Metrics

Abstract view : 333 times
PDF - 1328 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Marta Diana Br Pa Br Pa, Mutsyhito Solin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.