ANALISIS SURAT DINAS YANG DITULIS SISWA KELAS XI SMK PAB 3 MEDAN ESTATE

Enny Rahayu

Abstract


Penelitian ini berangkat dari tiga masalah, yakni (1) bagaimana kelengkapan bagaian-bagian surat dinas yang ditulis siswa SMK PAB 3 Medan Estate; (2) bagaimana ketepatan penulisan bagian-bagian surat dinas yang ditulis siswa SMK PAB 3 Medan Estate? (3) kesalahan apa saja yang terdapat dalam surat dinas yang ditulis siswa SMK PAB 3 Medan Estate? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kelengkapan bagian-bagian surat, mendeskripsikan ketepatan bagian-bagian surat, dan kesalahan-kesalahan yang terdapat dalam surat dinas yang ditulis siswa SMK PAB 3 Medan Estate. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Data dalam penelitian ini bersumber dari 30 naskah surat dinas dan 30 naskah tersebut dibaca secara intensif yang kemudian ditetapkan data berdasarkan pemahaman, pengetahuan, teori sebagai panduan. Kemudian, data dianalisis dengan cara pemaknaan terhadap kelengkapan dan ketepatan, serta pengungkapan kesalahan-kesalahan umum dalam naskah surat yang ditulis siswa. Setelah itu, dilakukan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) semua surat yang ditulis siswa sudah memiliki kop, nomor, alamat, isi, penutup, nama penadanda tangan, dan jabatan penanda tangan; sedikit surat yang tidak memiliki tanggal surat; masih ada surat yang tidak memiliki paragraf pembuka dan tanda tangan; (2) ketepatan penulisan bagian surat lebih rendah (37,78%) dibandingkan persentase ketidaktepatan (62,22%); (3) kesalahan penulisan surat terdapat pada hampir semua bagian, yakni kop, tanggal, lampiran, hal, alamat, salam pembuka, paragraf pembuka, paragraf isi, paragraf penutup, penutup, nama pengirim (penanda tangan), dan tembusan.

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v7i1.9986

Article Metrics

Abstract view : 592 times
PDF - 6453 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Enny Rahayu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.