BERAT BADAN DAN KADAR KOLESTEROL ORGAN-ORGAN DALAM AYAM BROILER YANG DIBERI PAKAN SUPLEMENTASI TEPUNG DAUN BANGUNBANGUN (Plectranthus amboinicus L. Spreng)

Agatha Cecilia Sihite, Melva Silitonga

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pakan suplementasi tepung daun bangunbangun (TDB) (Plectranthus amboinicus L. Spreng) terhadap berat badan, berat organ dalam dan kadar kolesterol organ dalam ayam broiler. Jenis penelitian adalah eksperimental menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) Non Faktorial menggunakan 50 ekor ayam broiler CP 707. Pemberian TDB dilakukan setiap hari dengan mencampurkan TDB dengan pakan komersial dengan dosis 0%, 1%, 2%, 3% dan 4% selama 42 hari . Parameter yang diamati adalah berat badan, berat hati, berat usus halus, berat ampela, kadar kolesterol hati, kadar kolesterol usus halus dan kadar kolesterol ampela. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Anava satu jalur dengan menggunakan SPSS 21.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa suplementasi TDB 2% meningkatkan berat badan ayam secara signifikan, dan suplementasi TDB 1%, 3% dan 4% tidak berpengaruh . Suplementasi TDB 1% hingga 4% berpengaruh menurunkan berat hati secara signifikan. Suplementasi TDB 4% signifikan menurunkan kadar kolesterol hati, usus halus dan ampela.


Keywords


Plectranthus amboinicus L. Spreng, TDB, berat badan, kadar kolesterol oragan (hati, usus halus, dan ampela).

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jbio.v4i1.9789

Article Metrics

Abstract view : 884 times
PDF - 2283 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

INDEXING

  

 

 

 

JBIO : Jurnal Biosains (The Journal of Biosciences), Program Studi Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan. ISSN 2443-1230 (print) dan ISSN 2460-6804 (online)

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.