Virtual Tour Reality Application Using Panoramic Image Method for Introduction to Semarang University Campus
Abstract
Saat ini, kita tengah mengalami pandemi covid 19. Pandemi ini mengakibatkan beberapa kesulitan diberbagai bidang yang salah satunya adalah bidang pendidikan. Hal ini disebabkan adanya peraturan pemerintah yang memberlakukan kegiatan belajar dari rumah. Universitas Semarang menjalankan peraturan pemerintah sampai pandemi dapat teratasi. Hal ini menyebabkan pihak kampus kesulitan ketika akan mengenalkan lingkungan kampus pada mahasiswa baru. Sehingga penerapan teknologi media informasi sangat dibutuhkan. Virtual Tour merupakan perkembangan teknologi pada bidang fotografi. Dengan menggunakan teknologi virtual tour pengguna solah-olah akan berada didunia nyata. Penelitian ini memanfaatkan teknologi tersebut untuk mengenalkan lingkungan kampus kepada mahasiswa baru. Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi virtual tour dengan metode panorama 360°. Metode yang digunakan untuk pengembangan aplikasi adalah metode Multimedia Development Life Cicle (MDLC) dari Luther-Sutopo. Berdasarkan hasil pengujian aplikasi menggunakan black- box, penulis menyimpulkan bahwa aplikasi dapat digunakan sesuai dengan fungsi yang ada dikesuluran aplikasi. Dengan adanya penerapan teknologi virtual tour di lingkungan Universitas Semarang, diharapkan dapat dimanfaatkan untuk pengenalan lingkungan kampus pada mahasiswa baru Universitas Semarang tanpa harus berkumpul atau datang langsung ke Universitas Semarang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
D. R. Aulianto, “N-JILS Teknologi Augmented Reality Dan Virtual Reality di Library Innovation Through Augmented Reality and,” Nusant. J. Inf. Libr. Stud., vol. 3, no. 1, pp. 103–114, 2020, [Online]. Available: http://ojs.uninus.ac.id/index.php/JILS/article/view/482/591.
Y. Anggara and G. M. Zamroni, “Virtual Reality Tour Menggunakan Metode Gambar Panorama 360° Sebagai Media Informasi dan Pengenalan Gedung Perkuliahan Kampus 4 Universitas Ahmad Dahlan,” JSTIE (Jurnal Sarj. Tek. Inform., vol. 9, no. 1, pp. 1–12, 2021, doi: 10.12928/jstie.v1i1.19045.
H. W. Wulur, S. Sentinuwo, B. Sugiarso, T. Informatika, U. Sam, and R. Manado, “Aplikasi Virtual tour Tempat Wisata Alam di Sulawesi Utara,” vol. 6, no. 1, pp. 1–6, 2015.
A. Adityo, “Pembuatan Virtual Reality Tour dengan Metode Gambar Panorama untuk Kampus Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin,” Univ. Nusant. PGRI Kediri, vol. 01, pp. 1–7, 2017, [Online]. Available: http://www.albayan.ae.
M. Koehl et al., “DOCUMENTATION OF HISTORICAL BUILDING VIA VIRTUAL TOUR : THE COMPLEX BUILDING OF BATHS IN STRASBOURG,” in International Archives of the Photogrammetry, Remote Sensing and Spatial Information Sciences, 2013, vol. XL, no. September, pp. 2–6.
R. K. Napolitano, I. P. Douglas, M. E. Garlock, and B. Glisic, “Virtual tour environment of Cuba’s national school of art,” Int. Arch. Photogramm. Remote Sens. Spat. Inf. Sci. - ISPRS Arch., vol. 42, no. 2W5, pp. 547–551, 2017, doi: 10.5194/isprs-archives-XLII-2-W5-547-2017.
G. Y. Pramana, “Penerapan Metode Image Stitching pada Pembuatan Virtual Reality Pengenalan Islamic Center Universitas Ahmad Dahlan,” JIKO (Jurnal Inform. dan Komputer), vol. 3, no. 2, pp. 1–8, 2019.
P. Putra, M. A. Firdaus, and M. Farhan, “Penerapan Teknologi Virtual Reality Photography Pada Sistem Informasi Objek Wisata,” Comput. Eng. Sci. Syst. J., vol. 4, no. 1, p. 70, 2019, doi: 10.24114/cess.v4i1.11461.
M. Z. Sulaiman, M. Nasiruddin, A. Aziz, M. H. Abu, N. A. Halili, and M. A. Azuddin, “Matterport : Virtual Tour as A New Marketing Approach in Real Estate Business During Pandemic,” in Proceedings of the International Conference of Innovation in Media and Visual Design (IMDES 2020), 2020, vol. 502, pp. 221–226.
Sugiyono, Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2011.
Luther, Authoring Interactive Multimedia. Boston: Boston : AP Professional, 1994.
A. H. Sutopo, Multimedia interaktif dengan flash. Graha Ilmu, 2004.
A. Mulyani, Y. Septiana, D. Tresnawati, and R. Setiawan, “Design of culinary information system based on android using multimedia development life cycle,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1402, no. 2, 2019, doi: 10.1088/1742-6596/1402/2/022074.
A. N. Rachman, M. A. Khairul Anshary, and I. N. Hakim, “Pemanfaatan Teknologi Virtual Reality (VR) Pada Aplikasi 3D Bangunan Perusahaan,” CESS (Journal Comput. Eng. Syst. Sci., vol. 5, no. 2, p. 204, 2020, doi: 10.24114/cess.v5i2.18672.
R. Parlika, T. A. Nisaa, S. M. Ningrum, and B. A. Haque, “Studi Literatur Kekurangan dan Kelebihan Pengujian Black Box,” Teknomatika, vol. 10, no. 02, pp. 131–140, 2020.
DOI: https://doi.org/10.24114/cess.v7i1.28178
Article Metrics
Abstract view : 605 timesPDF - 390 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science)
CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License