Virtual Tour Reality Application Using Panoramic Image Method for Introduction to Semarang University Campus

Authors

  • Siti Asmiatun Universitas Semarang
  • Astrid Novita Putri Universitas Semarang
  • Ahmad Rifai Universitas Semarang

DOI:

https://doi.org/10.24114/cess.v7i1.28178

Keywords:

virtual tour, aplikasi, virtual reality, unversitas, semarang, lingkungan

Abstract

Saat ini, kita tengah mengalami pandemi covid 19. Pandemi ini mengakibatkan beberapa kesulitan diberbagai bidang yang salah satunya adalah bidang pendidikan. Hal ini disebabkan adanya peraturan pemerintah yang memberlakukan kegiatan belajar dari rumah. Universitas Semarang menjalankan peraturan pemerintah sampai pandemi dapat teratasi. Hal ini menyebabkan pihak kampus kesulitan ketika akan mengenalkan lingkungan kampus pada mahasiswa baru. Sehingga penerapan teknologi media informasi sangat dibutuhkan. Virtual Tour merupakan  perkembangan teknologi pada bidang fotografi. Dengan menggunakan teknologi virtual tour pengguna solah-olah akan berada didunia nyata. Penelitian ini memanfaatkan teknologi tersebut untuk mengenalkan lingkungan kampus kepada mahasiswa baru. Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi virtual tour dengan metode panorama 360°. Metode yang digunakan untuk pengembangan aplikasi adalah metode Multimedia Development Life Cicle (MDLC) dari Luther-Sutopo. Berdasarkan hasil pengujian aplikasi menggunakan black- box, penulis menyimpulkan bahwa aplikasi dapat digunakan sesuai dengan fungsi yang ada dikesuluran aplikasi. Dengan adanya penerapan teknologi virtual tour di lingkungan Universitas Semarang, diharapkan dapat dimanfaatkan untuk pengenalan lingkungan kampus pada mahasiswa baru Universitas Semarang tanpa harus berkumpul atau datang langsung ke Universitas Semarang.

References

D. R. Aulianto, œN-JILS Teknologi Augmented Reality Dan Virtual Reality di Library Innovation Through Augmented Reality and, Nusant. J. Inf. Libr. Stud., vol. 3, no. 1, pp. 103“114, 2020, [Online]. Available: http://ojs.uninus.ac.id/index.php/JILS/article/view/482/591.

Y. Anggara and G. M. Zamroni, œVirtual Reality Tour Menggunakan Metode Gambar Panorama 360° Sebagai Media Informasi dan Pengenalan Gedung Perkuliahan Kampus 4 Universitas Ahmad Dahlan, JSTIE (Jurnal Sarj. Tek. Inform., vol. 9, no. 1, pp. 1“12, 2021, doi: 10.12928/jstie.v1i1.19045.

H. W. Wulur, S. Sentinuwo, B. Sugiarso, T. Informatika, U. Sam, and R. Manado, œAplikasi Virtual tour Tempat Wisata Alam di Sulawesi Utara, vol. 6, no. 1, pp. 1“6, 2015.

A. Adityo, œPembuatan Virtual Reality Tour dengan Metode Gambar Panorama untuk Kampus Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin, Univ. Nusant. PGRI Kediri, vol. 01, pp. 1“7, 2017, [Online]. Available: http://www.albayan.ae.

M. Koehl et al., œDOCUMENTATION OF HISTORICAL BUILDING VIA VIRTUAL TOUR : THE COMPLEX BUILDING OF BATHS IN STRASBOURG, in International Archives of the Photogrammetry, Remote Sensing and Spatial Information Sciences, 2013, vol. XL, no. September, pp. 2“6.

R. K. Napolitano, I. P. Douglas, M. E. Garlock, and B. Glisic, œVirtual tour environment of Cuba™s national school of art, Int. Arch. Photogramm. Remote Sens. Spat. Inf. Sci. - ISPRS Arch., vol. 42, no. 2W5, pp. 547“551, 2017, doi: 10.5194/isprs-archives-XLII-2-W5-547-2017.

G. Y. Pramana, œPenerapan Metode Image Stitching pada Pembuatan Virtual Reality Pengenalan Islamic Center Universitas Ahmad Dahlan, JIKO (Jurnal Inform. dan Komputer), vol. 3, no. 2, pp. 1“8, 2019.

P. Putra, M. A. Firdaus, and M. Farhan, œPenerapan Teknologi Virtual Reality Photography Pada Sistem Informasi Objek Wisata, Comput. Eng. Sci. Syst. J., vol. 4, no. 1, p. 70, 2019, doi: 10.24114/cess.v4i1.11461.

M. Z. Sulaiman, M. Nasiruddin, A. Aziz, M. H. Abu, N. A. Halili, and M. A. Azuddin, œMatterport : Virtual Tour as A New Marketing Approach in Real Estate Business During Pandemic, in Proceedings of the International Conference of Innovation in Media and Visual Design (IMDES 2020), 2020, vol. 502, pp. 221“226.

Sugiyono, Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2011.

Luther, Authoring Interactive Multimedia. Boston: Boston : AP Professional, 1994.

A. H. Sutopo, Multimedia interaktif dengan flash. Graha Ilmu, 2004.

A. Mulyani, Y. Septiana, D. Tresnawati, and R. Setiawan, œDesign of culinary information system based on android using multimedia development life cycle, J. Phys. Conf. Ser., vol. 1402, no. 2, 2019, doi: 10.1088/1742-6596/1402/2/022074.

A. N. Rachman, M. A. Khairul Anshary, and I. N. Hakim, œPemanfaatan Teknologi Virtual Reality (VR) Pada Aplikasi 3D Bangunan Perusahaan, CESS (Journal Comput. Eng. Syst. Sci., vol. 5, no. 2, p. 204, 2020, doi: 10.24114/cess.v5i2.18672.

R. Parlika, T. A. Nisaa, S. M. Ningrum, and B. A. Haque, œStudi Literatur Kekurangan dan Kelebihan Pengujian Black Box, Teknomatika, vol. 10, no. 02, pp. 131“140, 2020.

Downloads

Published

2021-12-27