Penerapan Web Based Augmented Reality 3D pada Game Puzzle Interaktif Kerangka Manusia

Taufich Rizqi Fachrudin, Siti Asmiatun

Abstract


Kemajuan di dalam teknologi komputer memungkinkan kita untuk memberikan tanggapan secara langsung terhadap interaksi pemain dengan aspek-aspek yang ada di dalam game. Dengan dasar pemikiran untuk menggabungkan dunia maya dan dunia nyata, banyak diperoleh ide-ide untuk memudahkan seseorang dalam menciptakan visualisasi yang lebih bagus, efisien, dan imajinatif. Salah satu perkembangan teknologi dan informasi di bidang visualisasi saat ini adalah Augmented Reality. Sebuah sistem Augmented Reality (AR) mengisi dunia nyata dengan benda-benda virtual, sehingga konten yang dihasilkan komputer ditambahkan ke dunia nyata secara interaktif dan real time. Dengan adanya AR, game dapat dirancang menjadi lebih inovatif dan atraktif dengan menampilkan model 3D dari komponen game, salah satu contoh aspek penerapan game yaitu dengan memanfaatkan teknologi augmented reality yang berkembang di era ini kedalam pembuatan games puzzle berbasis web. Dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality, permainan puzzle dapat digunakan sebagai media untuk menambah daya tarik didalam melatih kreatifitas pada anak-anak dengan gameplay yang secara realtime menampilkan visual model 3 Dimensi pada gambar yang seakan-akan berada di dunia nyata.

Keywords


Aplikasi, Augmented Reality, Web Based, Game, Puzzle, Multi Marker, Kerangka Tulang Manusia.

Full Text:

PDF

References


RIP Tutorial “Getting Started With Aframe” [Online]. Tersedia : https://riptutorial.com/aframe/topic/10017/getting-started-with-aframe. Diakses [05 Oktober 2019]..

The Khronos Group Inc [Online]. Tersedia : https://www.khronos.org/blog/. Diakses [02 Desember 2019].

B. Danchilla, “Three.js framework in Beginning WebGL for HTML5”. Springer, 2012, pp. 173–203.

XIUQUAN QIAO , PEI REN, SCHAHRAM DUSTDAR , Fellow IEEE, LING LIU, Fellow IEEE, HUADONG MA , AND JUNLIANG CHEN (2019). Web AR: A Promising Future for Mobile Augmented Reality State of the Art, Challenges, and Insights, Vol. 107, No. 4, April 2019.

Siltanen S. Theory and applications of marker-based augmented reality. Technical Research Centre of Finland. ; 39 (2012).

Mahastama, A. W., n.d. Pemanfaatan Computer Vision: Augmented Reality. [Online] Available at: http://www.lecture.ukdw.ac.id[Accessed 23 7:21 AM March 2019].

Patirupanusara P. “Marker-Based Augmented Reality Magic Book for Anatomical Education. In International Conference on Computer and Communication Technologies”; 2012. p. 136-138.




DOI: https://doi.org/10.24114/cess.v5i2.17336

Article Metrics

Abstract view : 612 times
PDF - 452 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science)

Creative Commons License
CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License