Penggunaan Metode Waterfall Dalam Rancang Bangun Website My Tutor

Akhdiyan Setiyorini, Arief Jananto

Abstract


Revolusi Industri saat ini beradaptasi pada industri 4.0 yang ditandai dengan perkembangan IT misalnya otomasi, analisis big data, teknologi robot, artificial intelligence (AI), hingga Internet of Things (IOT). Perkembangan teknologi dan informasi yang mengalami peningkatan harus diimbangi dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang cakap. Sesuai dengan RPJMD Kabupaten Kendal Tahun 2021-2026 dengan Prioritas Tahun 2023 mengoptimalkan SDM berdaya saing yang didukung dengan kualitas sarana dan prasarana pendidikan yang merata. Untuk itu dibuatlah Website My Tutor yang memiliki fitur seperti E-Learning dan menyediakan materi pelajaran dan latihan soal bagi pelajar serta dapat diakses secara gratis. Website ini dikembangkan dengan Metode Waterfall. Sistem dilakukan pengujian dengan Blackbox Testing dan tidak ditemukan permasalahan, sistem yang dibuat berhasil sesuai dengan kebutuhan dan fungsi.


Keywords


Industry 4.0, Human Resource, Elearning, Education, Waterfall Method

Full Text:

PDF

References


“Kemenperin: Pemerintah Keluarkan 10 Jurus Jitu Hadapi Revolusi Industri 4.0.” Accessed: Dec. 23, 2023. [Online]. Available: https://kemenperin.go.id/artikel/19169/Pemerintah-Keluarkan-10-Jurus-Jitu-Hadapi-Revolusi-Industri-4.0

B. Budiharto, T. Triyono, and S. Suparman, “Pengaruh Teknologi Pendidikan Pada Era Revolusi Industri 4,0,” SEUNEUBOK LADA: Jurnal ilmu-ilmu Sejarah, Sosial, Budaya dan Kependidikan, vol. 6, no. 2, pp. 96–144, Oct. 2019, Accessed: Dec. 23, 2023. [Online]. Available: https://ejurnalunsam.id/index.php/jsnbl/article/view/1629

B. Ahmad and H. Bonso, “Peran Lembaga Pendidikan Nonformal Dalam Menangani Kemiskinan di Era Milenial (Studi Kasus Loka Latihan Kerja UKM Kabupaten Biak Numfor),” Jurnal Nalar Pendidikan, vol. 8, no. 2, p. 114, Dec. 2020, doi: 10.26858/jnp.v8i2.15519.

D. Pristiwanti, B. Badariah, S. Hidayat, and R. S. Dewi, “Pengertian Pendidikan,” Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), vol. 4, no. 6, pp. 7911–7915, Dec. 2022, doi: 10.31004/JPDK.V4I6.9498.

R. Rohmani and A. Prihatmojo, “Pengembangan Website Pembelajaran Digital pada Perkuliahan Pendidikan IPA Kelas Tinggi,” PENDIPA Journal of Science Education, vol. 6, no. 1, pp. 242–249, Oct. 2021, doi: 10.33369/pendipa.6.1.242-249.

S. Pendidikan Jasmani et al., “Rancang Bangun Website E-Learning Program,” Jurnal Teknologi Informasi, vol. 13, no. 1, 2019.

“Data Peserta Didik Kab. Kendal - Dapodikdasmen.” Accessed: Dec. 23, 2023. [Online]. Available: https://dapo.kemdikbud.go.id/pd/2/032400

“PERDA Kab. Kendal No. 7 Tahun 2021.” Accessed: Dec. 23, 2023. [Online]. Available: https://peraturan.bpk.go.id/Details/186863/perda-kab-kendal-no-7-tahun-2021

A. Suryadi and Y. S. Zulaikhah, “Rancang Bangun Sistem Pengelolaan Arsip Surat Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall (Studi kasus: Kantor Desa Karangrau Banyumas),” vol. VII, no. 1, 2019.

H. Fauzi Siregar and N. Sari, “Rancang Bangun Aplikasi Simpan Pinjam Uang Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Asahan Berbasis Web,” Jurnal Teknologi Informasi, vol. 2, no. 1, 2018.

M. I. Pramana Koesoemadinata et al., “Perancangan dan Pelatihan Pengelolaan Website Pondok Pesantren Assubkiyah Kabupaten Bandung,” Aptekmas Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, vol. 4, no. 1, Mar. 2021, doi: 10.36257/APTS.V4I1.3169.

T. Snadhika Jaya, P. Studi Manajemen Informatika, J. Ekonomi dan Bisnis, and P. Negeri Lampung JlnSoekarno, “Pengujian Aplikasi dengan Metode Blackbox Testing Boundary Value Analysis (Studi Kasus: Kantor Digital Politeknik Negeri Lampung),” Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT (JPIT), vol. 03, no. 02, 2018.

N. Hidayati, “Penggunaan Metode Waterfall Dalam Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan,” 2019.




DOI: https://doi.org/10.24114/cess.v9i1.53721

Article Metrics

Abstract view : 16 times
PDF - 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science)

Creative Commons License
CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License