Implementation of Decision Support System for Determining the Best Posyandu Using the Simple Additive Weighting Method

Allsela Meiriza, M Rifki Ali

Abstract


Posyandu adalah sebuah kegiatan dari contoh upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat yang memberikan layanan kesehatan dasar untuk masyarakat yang dilaksanakan oleh masyarakat itu sendiri dalam memberdayakan dan memberikan keringanan kepada masyarakat dalam bidang kesehatan. Untuk menciptakan posyandu yang cerdas dan sehat, serta memajukan citra posyandu, Dinas Kesehatan, Kabupaten Banyuasin mengadakan lomba posyandu. Tujuan diadakannya lomba posyandu ini adalah untuk memaksimalkan kemampuan posyandu sebagai pionir melayani kesehatan bagi ibu dan anak. Namun penentuan posyandu terbaik masih belum efektif dan optimal, karena pihak Dinas Kesehatan mengalami kesulitan dalam menentukan posyandu terbaik, dikarenakan terdapat banyak posyandu yang harus dilakukan penilaian dan kerap kali terjadi kesalahan saat melakukan penilaian yang menyebabkan penentuan posyandu terbaik tidak tepat dan akurat. Penelitian ini memberikan solusi dengan mengimplementasikan sebuah sistem yang biasa dikenal dengan Sistem Pendukung Keputusan (SPK) sebagai teknologi informasi untuk meningkatkan kualitas keputusan bersumber pada pemakaian sistem serta untuk mempermudah pihak Dinas Kesehatan, Kabupaten Banyuasin dalam mengambil keputusan untuk penentuan posyandu terbaik di Kabupaten Banyuasin. Penelitian ini memberikan hasil suatu SPK Penentuan Posyandu Terbaik dengan menerapkan metode Simple Additive Weighting (SAW).

 

Kata Kunci: Sistem Pendukung Keputusan, Posyandu, Simple Additive Weighting, Waterfall


Keywords


Sistem Pendukung Keputusan; Posyandu; Simple Additive Weighting; Waterfall

Full Text:

PDF

References


Larasati, N. D., Abdillah, G., & Komarudin, A. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Rekomendasi Posyandu Terbaik di Kabupaten Bandung Barat Menggunakan AHP dan WP. 2019(Sentika), 13–14.

Eka, N., Widya Sihwi, S., & Anggrainingsih, R. (2016). Sistem Penunjang Keputusan Untuk Menentukan Lokasi Usaha Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW). Jurnal Teknologi & Informasi ITSmart, 3(1), 41. https://doi.org/10.20961/its.v3i1.648.

Wijanegara, I. K., & Saryanti, I. G. A. D. (2018). Implementasi Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Lomba Posyandu Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW). Jurnal Sistem Dan Informatika (JSI), 12(2), 53–64.

Ahmad, A., & Kurniawan, Y. I. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pegawai Terbaik Menggunakan Simple Additive Weighting. Jurnal Teknik Informatika (Jutif), 1(2), 101–108. https://doi.org/10.20884/1.jutif.2020.1.2.14.

Firmansyah, D., & Firdaus, F. (2018). Penerapan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Untuk Menentukan Koperasi Berprestasi (Studi Kasus Dinas Koperasi Dan UMKM Jawa Barat). Jurnal Lpkia, 11(2).

Wati, Y. A., & Sadikin, M. (2019). Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan Prioritas Perbaikan Mold PT. Biggy Cemerlang dengan Menggunakan Metode SAW ( Simple Additive Weighting ). 3(1), 1–10.

Agus, I. N., Dwijayadi, A., Wirawan, I. M. A., Gede, D., & Divayana, H. (2018). Penentuan Hotel di Kecamatan Buleleng dengan Metode Analityc Hierarchy Process (AHP) dan Technique For Others Reference By Similarity To Ideal Solution (TOPSIS). Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 7(2), 163–176.

Primahudi, A. B., Suciono, F. A., & Widodo, A. A. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pemilihan Karyawan dengan Metode Simple Additive Weighting di PT. Herba Penawar. 2(1), 57–80.




DOI: https://doi.org/10.24114/cess.v7i2.36336

Article Metrics

Abstract view : 226 times
PDF - 161 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science)

Creative Commons License
CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License