Penentuan Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Tanjung Balai menggunakan Simple Additive Weighting (SAW)

Zunaida Sitorus, Elfin Efendi, Miftahul Jannah, Triana Puspa Handayani, Nurliana Nurliana

Abstract


Proses penyeleksian mahasiswa baru adalah proses pemilihan berdasarkan kriteria mahasiswa berupa data yang sesuai dengan kualifikasi standar yang telah ditetapkan. oleh karena itu, dalam proses seleksi dibutuhkan sistem pengambilan keputusan dan bahasa pemrograman yang dapat mempermudah proses seleksi serta dengan hasil yang lebih cepat dan akurat. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah Simple Additive Weighting (SAW) dan bahasa pemrograman yang akan digunakan dalam penelitian adalah PHP. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempermudah Politeknik Tanjung Balai dalam menyeleksi calon mahasiswa berdasarkan kualifikasi mereka dan disepakati berdasarkan kebutuhan jurusan yang dipilih. Hasil dari penelitian ini berupa hasil akhir dari proses seleksi calon mahasiswa baru yang memenuhi kualifikasi dari Politeknik Tanjung Balai. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pengurutan dilakukan dari nilai terbesar sampai nilai terendah dengan ketetapan passing grade penerimaan Mahasiswa Politeknik Tanjung Balai adalah 0,67 maka calon peserta didik Mahasiswa1, Mahasiswa 4, Mahasiswa 9, Mahasiswa 2, Mahasiswa 5, Mahasiswa 7, Mahasiswa 8 yang dinyatakan lulus sebagai Mahasiswa Politeknik Tanjung Balai. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode Simple Additive Weighting (SAW) mempermudah proses penyelesaian dengan hasil yang akurat serta pemrograman yang membantu proses penyeleksian dapat dilakukan dengan cepat dan tepat dalam memilih calon mahasiswa yang memenuhi kualifikasi yang telah ditetapkan oleh Politeknik Tanjung Balai.


Keywords


sistem pengambilan keputusan; SAW; seleksi; PHP

Full Text:

PDF

References


Ardiyanto, D., Paramita, A., Angeliawati, D., Studi, P., Informatika, T., Gedong, K., Rebo, P., & Timur, J. (2024). Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Siswa Baru Dengan Metode SAW Pada SMK PGRI 36 Jakarta. Jurnal Riset Dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI), 05(01), 140–147.

Azhari, S. N. (2024). Sistem Pendukung Keputusan dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Dalam Menentukan Penerimaan Bantuan PKH. Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI, 10(1), 95–100. https://doi.org/10.24176/simet.v1i1.117

Guswandi, D., & Hadi, F. (2019). Penentuan Penerimaan Mahasiswa Baru Pascasarjana Menggunakan Simple Additive Weighting (SAW). Indonesian Journal of Computer Science, 8(2), 121–129.

Manik, J. D., Samosir, A. R., & Mesran. (2022). Penerapan Metode Simple Additive Weighting dalam Penerimaan Siswa Magang pada Universitas Budi Darma. Jurnal Teknik Informatika, 1(2), 51–59.

Perdani, E. W., Suryanto, A., P, R. D. M., & Sukamta, S. (2014). Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Siswa Baru Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW). Edu Komputika Journal, 1(1), 34–39.

Pramithasari, P., Kusumantara, P. M., & Wati, S. F. A. (2024). Analisis Metode SAW-WP-TOPSIS Dan Borda Count Pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Supervisor. Jurnal Publikasi Sistem Informasi Dan Manajemen Bisnis (JUPSIM), 3(2), 10–21.

Pratama, F. S., & Yustanti, W. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Siswa Baru Menggunakan Metode SAW. Jurnal Manajemen Informatika, 5(2), 143–151. https://doi.org/10.47047/ct.v7i1.6

Suhartanto, M. (2012). Pembuatan Website Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Delanggu Dengan Menggunakan Php Dan MySQL. Journal Speed-Sentra Penelitian Enginerring Dan Edukasi, 4(1), 1–8.

Sukaryati, L. N., Voutama, A., Karawang, U. S., & Ronggo, J. H. (2022). Penerapan Metode Simple Additive Weighting Pada Sistem Pendukung Keputusan Untuk Memilih Karyawan Terbaik. Jurnal Ilmiah MATRIK, 24(3), 260–267.

Yolita, P. C. B., Pasaribu, A., & Ari, Y. (2024). Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Beasiswa Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW). Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi (SINTEK), 4(1), 13–18.




DOI: https://doi.org/10.24114/cess.v9i1.56323

Article Metrics

Abstract view : 11 times
PDF - 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science)

Creative Commons License
CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License