Analisis Perbandingan Penjualan Powertools di Toko Fisik dan E-commerce Menggunakan PIECES Framework

Taufik Rahman, Surya Gunadi, Bakhtiar Rifai, Sumarna Sumarna

Abstract


Perkembangan teknologi telah mengubah pola konsumsi masyarakat, termasuk dalam pembelian powertools. Persaingan antara toko fisik dan e-commerce semakin ketat, sehingga analisis kinerja kedua saluran penjualan ini diperlukan. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan penjualan powertools di toko fisik dan e-commerce menggunakan PIECES Framework, yang mencakup variabel: Performance, Information, Economics, Control & Security, Efficiency, dan Service. Pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner kepada 100 responden yang berbelanja di kedua platform digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-commerce unggul dalam efisiensi dan informasi, sementara toko fisik lebih unggul dalam aspek layanan dan keamanan. Berdasarkan hasil analisis, terdapat hubungan signifikan antara performance, service, dan efficiency, dengan nilai signifikansi (sig) sebesar 0.001 yang lebih kecil dari 0.05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Nilai r = 0.976 menunjukkan hubungan kuat antara performance, service, dan efficiency. Temuan ini mengindikasikan bahwa perbaikan performance dapat meningkatkan service dan efficiency dalam kedua saluran penjualan tersebut. Kesimpulannya, meskipun kedua platform memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing, kolaborasi atau optimalisasi strategi dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Prospek pengembangan penelitian mencakup perluasan kategori produk atau penggunaan metode analisis tambahan.


Keywords


Penjualan; Powertools; Toko fisik; E-commerce; PIECES Framework; Perbandingan

Full Text:

PDF

References


R. J. Malioy, I. Sembiring, and A. Iriani, “Perancangan sistem informasi penjualan berbasis CRM dengan menggunakan metode FAST dan framework PIECES,” AITI J. Teknol. Inf., vol. 20, no. 2, pp. 220–237, 2023, doi: https://doi.org/10.24246/aiti.v20i2.220-237.

M. F. D. Syahputra, B. T. Hanggara, and B. S. Prakoso, “Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan dengan Metode FAST pada CV Ide Karya Semesta,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 6, no. 2, pp. 929–938, 2022, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

M. Reza Romahdoni and Winardi, “Penerapan Metode Pieces Dalam Meningkatkan Kepuasan Customer Terhadap Sistem Informasi Penjualan,” J. Softw. Eng. Technol., vol. 1, no. 1, pp. 15–21, 2021, doi: https://doi.org/10.69769/seat.v1i1.15.

I. HERMAWAN and R. CHANDRA, “Analisis Implementasi Link Aggregation dengan PIECES Framework pada Jaringan Transmisi Seluler,” ELKOMIKA J. Tek. Energi Elektr. Tek. Telekomun. Tek. Elektron., vol. 11, no. 1, p. 167, 2023, doi: 10.26760/elkomika.v11i1.167.

Ni Putu Nita Artaningsih, Nengah Widya Utami, and Helmy Syakh Alam, “Analisis Kepuasaan Pengguna Sistem Informasi Menggunakan Metode Pieces Framework (Studi Kasus Startup Panak.Id),” J. Inform. Teknol. dan Sains, vol. 5, no. 1, pp. 191–201, 2023, doi: 10.51401/jinteks.v5i1.2274.

J. Jakaria and J. N. Utamajaya, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Lazada Masyarakat Penajam Menggunakan Metode Pieces Framework,” JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 9, no. 2, p. 464, 2022, doi: 10.30865/jurikom.v9i2.4091.

N. F. Rizky and A. Triayudi, “Analisis Kepuasan Pengguna E-Commerce Menggunakan Sistem Usability Scale Dan Pieces Framework E-Commerce User Satisfaction Analysis Using Usability Scale System and Pieces Framework,” J. Comput. Eng. Syst. Sci., vol. 7, no. January, pp. 262–274, 2022.

R. T. Aldisa, E. Samudra, and R. Sahara, “Perbandingan Metode Pieces Dan System Usability Scale Untuk Menganalisa Kepuasan Pengguna Pada Sistem Penyewaan Mobil Berbasis Android,” JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 9, no. 4, p. 1094, 2022, doi: 10.30865/jurikom.v9i4.4705.

I. M. Nauli, N. D. Nathasia, and D. A. Lantana, “Analisis Kepuasan Pada Website Pemesanan Makeup Menggunakan Metode System Usability Scale dan PIECES Framework,” J. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 11, no. 2, p. 358, 2023, doi: 10.26418/justin.v11i2.57404.

R. Muliansah and C. Budihartanti, “Analisa Pemanfaatan e-Puskesmas di Loket Pendaftaran pada Puskesmas Kecamatan Pademangan dengan Metode PIECES,” J. Comput. Sci. Eng., vol. 1, no. 1, pp. 17–29, 2020, doi: 10.36596/jcse.v1i1.22.

R. Prayogi, K. Ramanda, C. Budihartanti, and A. Rusman, “Penerapan Metode PIECES Framework Dalam Analisis dan Evaluasi Aplikasi M-BCA,” J. Infortech, vol. 3, no. 1, pp. 7–12, 2021, doi: 10.31294/infortech.v3i1.10122.

N. M. B. Aditya and J. N. U. Jaya, “Penerapan Metode PIECES Framework Pada Tingkat Kepuasan Sistem Informasi Layanan Aplikasi Myindihome,” J. Sist. Komput. dan Inform., vol. 3, no. 3, p. 325, 2022, doi: 10.30865/json.v3i3.3964.

M. Pangri, S. Sunardi, and R. Umar, “Metode Pieces Framework Pada Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sorong,” Bina Insa. Ict J., vol. 8, no. 1, p. 63, 2021, doi: 10.51211/biict.v8i1.1499.

Ilham, Suparni, Ahmad Al Kaafi, and Hilda Rachmi, “Penerapan Metode Pieces Framework Sebagai Evaluasi Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Tokopedia,” Indones. J. Softw. Eng., vol. 9, no. 2, pp. 119–128, 2023, [Online]. Available: https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ijse/article/view/18038

M. Darwi, Islamiyah, and M. L. Jundillah, “Penerapan Metode PIECES Framework Sebagai Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Dalam Penggunaan Sistem Informasi Akademik,” Adopsi Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 59–70, 2023, doi: 10.30872/atasi.v2i1.459.




DOI: https://doi.org/10.24114/cess.v10i1.63706

Article Metrics

Abstract view : 7 times
PDF - 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science)

Creative Commons License
CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

slot gacor slot